Jakarta (ANTARA) - Pembalap Red Bull KTM Brad Binder mencetak rekor sebagai pembalap Afrika Selatan dengan podium terbanyak di kelas MotoGP, dengan total sembilan podium yang ia koleksi sepanjang kariernya.

Dikutip dari keterangan resmi MotoGP, Jumat, podium terakhir ia raih di Grand Prix Thailand, akhir pekan lalu, dengan menjadi tercepat kedua di balapan Sprint, serta tercepat ketiga di balapan utama tepat di belakang Jorge Martin (Prima Pramac) dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

Pada musim ini, Binder telah mengoleksi secara total sebanyak empat podium, yang ia dapatkan di MotoGP Spanyol dan Inggris.

Dengan pencapaian ini, maka Binder resmi mematahkan rekor Paddy Driver yang merupakan pembalap Afrika Selatan pertama yang mengikuti kelas premier MotoGP. Ia berkompetisi di antara tahun 1958 dan 1965.

Baca juga: Binder tampil tercepat saat cuaca buruk ganggu latihan GP Australia

Sepanjang kariernya, Driver membukukan delapan podium, dan finis ketiga dalam musim terakhirnya di belakang legenda MotoGP Giacomo Agostini dan Mike Hailwood.

Meski masih terdengar asing, kiprah Afrika Selatan di dunia balap motor ternyata sudah ada sejak lama. Sebelum gelar Moto3 Binder pada tahun 2016, Jon Ekerold mengklaim kemenangan di kelas 350cc pada tahun 1980, menandai kemenangan di kejuaraan dunia terakhir bagi pembalap Afrika Selatan.

Kesuksesan Ekerold menambah tiga gelar berturut-turut untuk Afrika Selatan, dengan Kork Ballington mengamankan dua kemenangan sebelumnya serta dua gelar juara dunia di kelas 250cc.

Sementara untuk Binder, ia meraih podium sekaligus kemenangan pertamanya di kelas MotoGP pada era rookie-nya di tahun 2020, pada Grand Prix Ceko.

Kemenangan itu menempatkannya dalam daftar bersama Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Jorge Lorenzo untuk memenangkan balapan di musim debut mereka. Sementara Jorge Martin (Prima Pramac Racing) menambahkan namanya ke dalam daftar tersebut pada tahun 2021.

Kemenangan kedua Binder terjadi pada tahun 2021 di Austria, ketika ia meraih kemenangan di tengah hujan lebat.

Pada MotoGP Thailand pekan lalu, ia juga hampir menyalip dua pesaing terberat musim ini yakni Martin dan Bagnaia. Binder mengaku tidak sabar untuk mengarungi sisa musim ini dan membukukan lebih banyak lagi rekor dan podium.

"Tim saya melakukan pekerjaan yang sangat hebat di Thailand, dan saya yakin kemenangan selanjutnya pasti akan tiba," kata Binder.

Sementara itu, putaran ke-18 MotoGP 2023 akan bergulir di Sepang, Malaysia, pada 10-12 November.

Baca juga: Binder akui kesalahan yang buat Marini & Oliveira crash di Mandalika
Baca juga: Binder pastikan ambil risiko demi taklukkan MotoGP Indonesia

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023