upaya Kemenkeu Satu Sumut dalam menyediakan fasilitas dan ruang agar UMKM Sumut terus tumbuh dan berkembang melalui digitalisasi dan globalisasi
Medan (ANTARA) - Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Utara memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) Ke-77 dengan berupaya menaikkan kualitas usaha mikro kecil menengah (UMKM) di wilayahnya melalui seminar kewirausahaan dan pameran.

"Seminar kewirausahaan dan bazar merupakan upaya Kemenkeu Satu Sumut dalam menyediakan fasilitas dan ruang agar UMKM Sumut terus tumbuh dan berkembang melalui digitalisasi dan globalisasi," ujar Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumut I, Lusi Yuliani di Medan, Jumat.

Seminar tersebut diikuti oleh 120 pelaku UMKM binaan Kemenkeu Sumut dan berlangsung di Aula Rekreasi Gedung Keuangan Negara (GKN), Medan pada Rabu (1/11).

Untuk melaksanakan agenda itu, Kemenkeu Sumut bekerja sama dengan beberapa pihak seperti Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Medan, PT Pos Indonesia dan Bank Syariah Indonesia.

Kemudian, pameran UMKM dilaksanakan pada Jumat (3/11) di GKN dan diikuti 30 UMKM binaan Kemenkeu Sumut.

Selain itu, juga pada Jumat (3/11), Kemenkeu Sumut juga melakukan lelang amal 17 barang milik pejabat Kemenkeu Sumut di GKN Medan.

Baca juga: Menkeu tekankan pentingnya reformasi pada peringatan Hori ke-77

Baca juga: Kemenkeu gelar bazar UMKM meriahkan Hari Oeang Republik Indonesia


Lelang tersebut berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp10.450.000 yang nantinya didonasikan ke Panti Asuhan Al-Marhamah dan Panti Asuhan Mutiara Mulia, Medan.

Di luar agenda-agenda itu, Perwakilan Kemenkeu Sumut pun menandai HORI Ke-77 dengan menanam 500 bibit pohon mangrove di Pantai Labu, Deli Serdang, bermitra dengan Yayasan Gajah Sumatera dan Desa Rugemuk. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk mengembalikan fungsi ekosistem laut.

Kemenkeu Sumut dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menanam 7.777 pohon dalam rangka HORI di seluruh Indonesia.

Masih terkait HORI Ke-77, Kemenkeu Sumut menggelar pula aktivitas sosial seperti donor darah dan bakti sosial ke beberapa panti asuhan di Sumut.

Kegiatan internal berupa perlombaan olahraga dan seni budaya antarpegawai juga menjadi rangkaian HORI tersebut.

"Seluruh rangkaian kegiatan ini merupakan upaya Kemenkeu Sumut dalam mendukung dan memberikan perubahan positif yang berarti bagi bangsa dan negara," tutur Kepala Perwakilan Kemenkeu Sumut Syaiful.

Di momentum ini, menurut dia, Kemenkeu Sumut bersatu padu menguatkan komitmen dan menghadirkan pelayanan yang lebih baik untuk seluruh masyarakat Indonesia sesuai dengan tema peringatan HORI pada tahun 2023 yaitu Kemenkeu Melayani Lebih Baik.

HORI diperingati setiap 30 Oktober yaitu 
tanggal berlakunya Oeang Republik Indonesia (ORI) secara sah, mulai 30 Oktober 1946 pukul 00.00 berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan tanggal 29 Oktober 1946.

Baca juga: Kemenkeu selenggarakan hibah BMN dalam rangka HORI ke-77

Baca juga: Pemerintah sebut insentif gratis PPN rumah berlaku mulai November


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023