Jakarta (ANTARA) - Persaingan putra DBL 2023 DKI Jakarta Championship Series yang diselenggarakan di GOR Soemantri Brodjonegoro menghadirkan kejutan saat SMAN 71 Jakarta yang kalah dari SMA IPEKA Puri.

SMAN 71 Jakarta yang merupakan juara DBL Seri Wilayah Jakarta Selatan dikalahkan oleh SMA IPEKA Puri (Ippur) yang merupakan runner-up seri Jakarta Barat dengan skor akhir 53-33.

"Jujur aja kami kaget sama hasilnya. Mereka itu tim kuat, mereka juara di region sedangkan kami hanya runner-up. Tapi kami mau tunjukan kemampuan maksimal kami," kata salah satu pemain SMA IPEKA Puri Pierre Herslin Lee , mengutip keterangan pers di Jakarta, Sabtu. Pierre mengemas 9 poin dan 8 rebound.

Pierre Herslin Lee mengaku terkejut atas capaian yang berhasil ditorehkan timnya. Ia mengakui kehebatan Sapta Eka, terutama statusnya sebagai penguasa East Region.

Berhasilnya Ippur memimpin jalannya pertandingan langsung tampak sejak kuarter pertama dimulai. Tim besutan Fredi Sabera itu berhasil mengobrak-abrik lini bertahan Sapta Eka (sebutan SMAN 71 Jakarta).

Pundi-pundi poin terus berhasil dikumpulkan anak-anak Ippur. Saat bertahan pun mereka sangat disiplin, hingga membuat berbagai upaya pemain Sapta Eka menemui jalan buntu.

Sebagai pemenang, Ippur akan melenggang ke upper bracket, pada bagan sistem double elimination. Mereka akan menantang tim berstatus champion dari Seri Jakarta Utara dan Pusat, yakni SMA Jubille Jakarta. SMA Jubille juga melenggang setelah sukses mengalahkan SMAN 47 Jakarta (runner-up South Region), dengan skor telak 71-17.

Sementara itu, tim yang menelan kekalahan, yakni SMAN 71 Jakarta dan SMAN 47 Jakarta akan saling dipertemukan pada laga win or go home.

Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, Championship Series musim ini menggunakan sistem double elimination dengan pembagian bagan kiri (left
bracket) dan bagan kanan (right bracket).

Pada sistem double elimination ini, setiap tim memiliki jatah ‘dua nyawa’ atau jatah kekalahan jika tidak ingin tersingkir dari persaingan. Untuk mengejar tiket tampil pada Partai Final DBL Seri DKI Jakarta yang akan digelar di Indonesia Arena pada 17 November 2023 mendatang.


Baca juga: Di DBL putri,  SMAN 71 dan Jubilee lewati rintangan pertama
Baca juga: 16 tim akan bersaing untuk final DBL di Indonesia Arena
Baca juga: Final Honda DBL 2023 Jakarta Series akan digelar di Indonesia Arena 
Baca juga: SMA Al-Izhar juara DBL 2023 Seri Jakarta Selatan

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023