Jakarta (ANTARA) - Tim bola basket putri SMAN 70 Jakarta keluar sebagai juara turnamen basket pelajar DBL DKI Jakarta 2023 tiga kali berturut-turut atau threepeat usai mengalahkan SMA Jubilee Jakarta di partai final.

Pada pertandingan yang digelar di Indonesia Arena GBK Jakarta, Jumat, SMAN 70 Jakarta menjadi juara setelah memenangi laga yang berjalan ketat dengan skor akhir 54-43.

"It's so unbelieveable. Untuk kesempatan main di Indonesia Arena untuk siswa SMA, apalagi (juara) di tahun ketiga, itu sangat berarti buat aku bersama teman-teman," kata kapten tim putri SMAN 70 Jakarta Keira Ammabel Hadinoto usai laga.

Perjuangan Keira dkk untuk meraih predikat threepeat tidaklah mudah apalagi harus melawan SMA Jubilee Jakarta atau yang dijuluki Phoenix. Kedua tim sama-sama ngotot dalam bermain yang membuat selisih poin terus bersanding tipis.

Pertandingan sudah berlangsung ketat sejak awal. Kedua tim saling susul menyusul poin dengan selisih yang tidak lebih dari satu poin.

Makayla Pradanitya Jati yang pada laga-laga sebelumnya selalu menjadi andalan tim, kembali tampil baik di kuarter pertama sebagai pendulang poin untuk Jubilee.

Sementara Asyhila Ramadhani Putri menjadi pemain dari Seventy, julukan SMAN 70 Jakarta, yang kerap menyumbang poin dari jarak jauh. Skor berakhir 16-15 untuk SMAN 70 Jakarta di kuarter pertama.

Di kuarter kedua, laga berjalan alot hampir di sepuluh menit waktu pertandingan. Kedua tim tak bisa menambah poin lebih dari lima angka hingga waktu tersisa dua menit.

Namun pertandingan mulai panas di dua menit terakhir saat kedua tim saling membalas poin. Keira memimpin rekannya dengan mencuri bola dan mencetak poin seorang diri yang membuat skor berakhir 28-25 untuk 70 Jakarta di babak pertama.

Baca juga: Tim Jubilee disarankan nikmati Indonesia Arena di final DBL Jakarta

Membuka babak kedua, Jubilee menyamakan kedudukan menjadi 28-28 lewat tripoin Michelle Suteja.

Jubilee yang sempat memperlebar jarak hingga 5 poin lewat tripoin Makayla, kembali disamakan kedudukannya oleh 70 lewat tripoin Asyhila yang membuat skor imbang, 35 sama.

Namun sang juara bertahan SMAN 70 Jakarta memperlebar jarak di kuarter akhir hingga mencapai 11 poin. Phoenix berusaha mengejar, namun kedudukan berakhir dengan selisih 11 angka yaitu 54-43.

Baca juga: Tim putri SMA Jubilee lolos ke final DBL DKI Jakarta
Baca juga: Tiket final DBL DKI Indonesia Arena dijual mulai Rp50 ribu

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023