Jakarta (ANTARA) - Animo peserta ajang kejuaraan atletik Energen Champion SAC Indonesia 2023 yang memasuki musim kedua meningkat sebesar 68 persen dibandingkan musim pertama.

Dalam keterangan resmi Energen Champion SAC, Sabtu, sebanyak 4.520 pelajar dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/sederajat yang merupakan delegasi dari 360 sekolah tingkat kota/kabupaten di wilayah provinsi DKI Jakarta dan Banten ikut berpartisipasi.

"Kompetisi ini berhasil menarik minat kalangan pelajar untuk merasakan pengalaman berkompetisi di atletik. Semoga dapat rutin diselenggarakan tiap tahunnya. Agar bisa jadi tolok ukur bagi para pelajar dan pelatih untuk terus meningkatkan performa. Tidak ada kata lain kalau kita ingin memajukan pembinaan atletik itu harus dengan kompetisi," kata Pengprov PASI DKI Jakarta Mustara Musa dalam keterangan resmi Energen Champion SAC di Jakarta.

Baca juga: 5.611 peserta ikuti kejuaraan atletik pelajar Energen Champion SAC

Jumlah tersebut meningkat drastis jika dibandingkan dengan musim pertama dengan jumlah peserta sebanyak 2.689 siswa dari 239 sekolah tingkat SD, SMP, hingga SMA/sederajat yang mengirimkan delegasi pada DKI Jakarta-Banten Qualifiers.

Kompetisi tingkat pelajar itu akan memaksimalkan potensi dari para peserta agar ke depannya juga berimbas pada pembibitan atlet di cabang olahraga atletik.

Masih sama dengan musim sebelumnya, Energen Champion SAC Indonesia 2023 DKI Jakarta-Banten Qualifiers mempertandingkan lima nomor perlombaan. Yakni sprint, middle distance (lari jarak menengah), lari estafet, lompat jauh, dan tolak peluru. Untuk tingkat SD juga diperlombakan kids athletics.

DKI Jakarta-Banten Qualifiers merupakan kualifikasi keempat dari serangkaian turnamen Energen Champion SAC Indonesia 2023. Tiga kualifikasi sebelumnya digelar di Medan (Sumatera Qualifiers), Bandung (West Java Qualifiers), Kupang (Bali-Nusra Qualifiers). Setelah ini, ada dua seri kualifikasi yang akan dilangsungkan yaitu di Semarang (Central Java Qualifiers) dan Surabaya (East Java Qualifiers).

Baca juga: Sumatera Qualifiers pecahkan rekor jumlah peserta Energen Champion SAC

Energen Champion SAC Indonesia merupakan agenda hasil kerja sama PB PASI dan DBL Indonesia. Pada penyelenggaraan musim lalu berhasil menggaet 31 ribu pelajar dari 2.000 lebih sekolah di Indonesia. Diharapkan tahun ini SAC Indonesia kembali menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk terus aktif mempopulerkan olahraga atletik.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 merupakan kompetisi dengan konsep bertingkat. Dimulai di babak regional atau qualifiers dan dilanjutkan di National Championship.

Juara, runner-up, dan peringkat ketiga dari masing-masing nomor lomba tingkat SMA/sederajat dari babak regional qualifiers, akan dilombakan di tingkat nasional atau babak National Championship.

Baca juga: Nomor sprint paling diminati peserta SAC Indonesia kualifikasi Jabar

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023