Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 500 petugas kebersihan selama penyelenggaraan Jakarta Nite Festival pada puncak perayaan ulang tahun Jakarta ke-486 tanggal 22 Juni 2013.

"Nanti mereka akan disebar di sepanjang jalan tersebut," kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), di Jakarta, Rabu.

Para petugas kebersihan tersebut bertugas menjaga kebersihan lokasi penyelenggaraan Malam Muda Mudi Jakarta atau Jakarta Nite Festival di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia dan Tugu Monumen Nasional (Monas).

"Kalau begitu dibuang langsung dipungut kan nanti masyarakatnya juga segan mau buang lagi," kata Jokowi.

Menurut dia, petugas kebersihan yang akan dikerahkan untuk menjaga kebersihan lokasi acara perayaan ulang tahun Jakarta itu terdiri atas tenaga lepas dan pegawai Dinas Kebersihan DKI Jakarta.

Ia menjelaskan, pengerahan petugas kebersihan dalam acara itu dilakukan berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) tanggal 14-16 Juni 2013.

Selama kegiatan itu, penyelenggara tidak banyak menyediakan tempat sampah dan menyiagakan petugas kebersihan sehingga sampah bertebaran di mana-mana. 

"Jadi nanti jangan sampai menumpuk seperti kemarin lagi," demikian Jokowi.


Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013