Surabaya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono menyatakan, pavingisasi atau pembangunan jalan paving menjadi salah satu aspirasi yang sering ditayangkan warga kampung di Kota Pahlawan itu, hingga saat ini.

"Saat reses di kampung-kampung kawasan Rungkut, Gunung Anyar, Tenggilis Mejoyo dan Bulak belum lama ini, saya banyak dicurhati warga soal perbaikan jalan berupa pavingisasi," kata Adi Sutarwijono di Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Baca juga: Pimpinan DPRD dorong peningkatan IPM kampung-kampung di Surabaya 

Selain itu, Adi juga mendapatkan keluhan soal saluran sungai di Kali Rungkut yang sudah lama tidak dikeruk, sehingga mengalami pendangkalan. Sehingga warga meminta segera ditangani, karena saluran tersebut merupakan menampung air dari berbagai tempat.

Tidak hanya itu, masalah lain juga menjadi perhatian Adi seperti pembangunan sarana dan prasarana kampung, masalah pendidikan, kesehatan, infrastruktur permukiman, atau penanganan sosial lainnya.

Baca juga: Wali Kota: Tak boleh ada lagi banjir di perkampungan Kota Surabaya

Berbagai usulan pembangunan itu disampaikan pengurus kampung, karang taruna dan warga masyarakat yang lain.

Menurutnya, beragam aspirasi tersebut nantinya akan dijadikan sebagai bahan untuk penyusunan kebijakan pembangunan di Kota Pahlawan.

"Aspirasi warga masyarakat adalah bahan baku penting dalam penyusunan kebijakan pembangunan kota," kata Adi.

Baca juga: Ketua DPRD: Kebutuhan kampung di Surabaya harus diperhatikan

Adi mengatakan, usulan warga tersebut sudah dimasukkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPBD) Surabaya 2024. Direncanakan APBD 2024 disahkan pada 10 November mendatang atau bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji sebelumnya menekankan pembangunan paving dan saluran air di wilayah perkampungan di kota tersebut harus memenuhi aspek keadilan dan merata.

"Komitmen Pemkot Surabaya adalah menghadirkan keadilan sosial bagi warganya," kata Cak ji panggilan akrabnya Armuji.

Baca juga: Ketua DPRD: HJKS ke-730 jadi spirit benah kampung di Surabaya

Cak Ji tidak ingin ada perkampungan di Surabaya yang tidak tersentuh pembangunan. Untuk itu, Armuji meminta warga Surabaya melalui pengurus Rukun Tetangga (RT) maupun Rukung Warga (RW) setempat mengajukan permasalahan paving dan saluran air ke Pemkot Surabaya.

"Saat ini, Pemkot Surabaya juga sudah banyak melakukan pemavingan dan saluran air yang tersebar di sejumlah wilayah Surabaya," ucapnya.

Baca juga: PLN manfaatkan FABA hubungkan jalan di Sulawesi

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023