Dengan adanya ajang Piala Dunia U-17 ada peningkatan arus penumpang WNA yang datang ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soetta
Tangerang (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten mencatat jumlah kedatangan warga negara asing (WNA) ke Tanah Air mengalami peningkatan tajam.

Kabid Tikim Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta Bambang Tri Cahyono di Tangerang, Kamis, menyampaikan bahwa lonjakan kedatangan WNA itu didasari atas diselenggarakannya event besar dunia seperti Piala Dunia U-17, dimana Indonesia menjadi tuan rumahnya tahun 2023 ini.

Baca juga: Erick Thohir sambut Presiden FIFA setelah tiba di Indonesia

"Dengan adanya ajang Piala Dunia U-17 ada peningkatan arus penumpang WNA yang datang ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soetta. Ini karena ada ajang Piala Dunia U-17," katanya.

Dia menuturkan, sejak dua pekan sebelum perhelatan Piala Dunia U-17 tersebut WNA yang tiba melalui Bandara Soetta sebanyak 89.087 jiwa. Data yang datang itu sesuai catatan Tempat Pemeriksaan Imigrasi di bandara tersebut.

"Kemungkinan besar, jumlah WNA yang tiba akan terus bertambah. Penambahannya kemungkinan sampai 'deadline' awal pertandingan pada esok hari," tuturnya.

Baca juga: Okupansi hotel di Solo mulai penuh jelang piala dunia

Menurutnya, Jepang menduduki peringkat pertama dan terbanyak dalam kedatangan WNA ke Tanah Air dalam ajang Piala Dunia U-17.

Menurut data catatan imigrasi sebanyak 6.795 jiwa yang hendak menonton pertandingan Piala Dunia di Indonesia.

"Jadi yang pertama warga negara Jepang sebanyak 6.795 jiwa. Disusul Korea Selatan, 5.586 jiwa dan Amerika 3.408 jiwa yang ketahui hendak menonton Piala Dunia U-17 di Indonesia," kata dia.

Baca juga: Doa dan harapan Ji Da Bin untuk Indonesia di Piala Dunia U-17 2023

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023