Jakarta (ANTARA) - Seluruh atlet panjat tebing Indonesia di nomor boulder & lead yang berjumlah enam orang, maju ke babak semifinal di IFSC Asian Qualifiers 2023 yang digelar di Gelora Bung Karno, Senayan,  Kamis.
 
Pada pertandingan hari pertama yang merupakan babak kualifikasi awal, sebanyak enam orang atlet putra maupun putri yang telah melewati berbagai rintangan lomba dan masuk dalam 20 besar, terpilih maju ke babak semifinal.
 
Dari nomor boulder & lead putra, atlet yang lolos adalah Ramadhan Ravianto yang sukses menempati peringkat 9, diikuti oleh Tri Ramadani Putra di peringkat 10 dan disusul oleh kembaran Ravianto, yaitu Ramadhan Raviandi yang berada di peringkat 13.
 
Sementara itu, dari nomor putri, Lintang Cahyani Sukma menempati peringkat 10. Kemudian ada Astuti Nafatika peringkat 12 dan Aisyah Ramadhani Suat Nurul di peringkat 13.
 
Pertandingan nomor boulder dimulai pada pukul 10.00 WIB. Para atlet harus memanjat dinding setinggi sekitar lima meter dan diberikan kesempatan untuk melalui empat jalur lintasan dengan kesulitan yang berbeda.
 
Target yang harus dicapai adalah meraih nilai tertinggi dari total tiap rintangan yang memiliki nilai berbeda-beda. Atlet hanya diberikan waktu lima menit untuk mengumpulkan poin.
 
Pada nomor boulder putra, Ramadhan Ravianto berhasil mendapatkan skor 34.9 dan menempati peringkat 8. Kemudian disusul oleh Ramadhan Raviandi di peringkat ke-14 dan Tri Ramadani Putra di peringkat 19.
 
Sedangkan di nomor boulder putri, Lintang Cahyani Sukma menempati posisi ke-11 dengan raihan skor 24.1 yang mana disusul oleh Aisyah Ramadhani Suat Nurul di peringkat 13 dan Astuti Nafatika di peringkat 16.
 
Aisyah Ramadhani dalam siaran pers Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) mengatakan, kesulitan di nomor boulder kali ini tidak bisa dianggap enteng.
 
“Lintasan itu membuat saya kesulitan melewatinya,” ujarnya.
 
Pertandingan nomor boulder berakhir pada sekitar pukul 12.45 WIB dan kemudian dilanjutkan dengan pertandingan nomor lead pada pukul 16.30 WIB.
 
Tri Ramadani Putra meraih ranking 8 dengan skor 51.0 pada nomor tersebut. Sedangkan Ramadhan Ravianto dan Ramadhan Raviandi sama-sama menempati ranking 10 dengan skor 36.1.
 
Untuk putri, Astuti Nafatika memantapkan namanya di ranking 8 dengan raihan skor 30.1. Posisi itu disusul oleh Lintang Cahyani Sukma yang ranking 11 dengan skor 28.0 dan Aisyah Ramadhani Suat Nurul di ranking 13 dengan skor 16.1.
 
Babak semifinal selanjutnya akan dilaksanakan Jumat (10/11) untuk menentukan atlet siapakah yang melaju ke babak final nomor boulder & lead.
 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023