Saya sudah bicara dengan Wali Kota Bontang, saya minta Pemkot Bontang untuk berkomunikasi dengan semua pihak
Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersepakat dengan Pemkot Bontang agar habitat buaya yang diberi nama Riska di Bontang bisa menjadi destinasi wisata baru bagi pemerintah daerah.

“Kita harap buaya Riska menjadi destinasi wisata baru di Kaltim, tepatnya di Kota Bontang. Sehingga, Bontang akan memiliki destinasi wisata baru, yaitu kunjungan Destinasi Wisata Buaya Riska,” kata Akmal Malik usai bertemu Wali Kota Bontang Basri Rase di Rumah Jabatan Gubernur Kaltim, Samarinda,Kamis.

Baca juga: Kaltim bangun lembaga konservasi solusi jaga habitat buaya Riska

Untuk itu, Akmal berpesan kepada Wali Kota Bontang untuk menangani relokasi buaya Riska dengan baik.

Karena itu, diperlukan sosialisasi dan koordinasi kepada semua pihak yang belum paham terhadap penanganan dan pengembangan buaya Riska ke depan.

Dengan begitu, ke depan penanganan buaya Riska menjadi kekuatan untuk pengembangan obyek wisata di Provinsi Kaltim, khususnya Kota Bontang.

“Saya sudah bicara dengan Wali Kota Bontang, saya minta Pemkot Bontang untuk berkomunikasi dengan semua pihak. Dengan tujuan untuk menyatukan cara pandang bagaimana pengembangan wisata di Bontang, tak terkecuali buaya Riska,” pesannya.

Baca juga: Pj Gubernur Kaltim janji carikan solusi untuk habitat buaya Riska

Wali Kota Bontang Basri Rase menjelaskan, tujuan kedatangannya ke Rumah Jabatan Gubernur, untuk berkomunikasi terkait penanganan buaya Riska.

Sesuai arahan Mendagri, agar buaya Riska dikelola dengan baik dan dikembalikan ke habitat aslinya.

" Kami minta pemindahan buaya Riska dari Triitip Balikpapan ke Bontang ditangani dengan profesional sesuai kondisi habitat buaya Riska.," jelasnya.

Ia mengatakan setelah upacara Hari Pahlawan, seluruh pihak di Bontang maupun BKSDA dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait Pemprov Kaltim akan berkoordinasi untuk penanganan pemindahan buaya Riska tersebut.

Baca juga: BKSDA Sampit imbau warga waspadai kemunculan buaya saat musim hujan

Pewarta: Arumanto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023