Jakarta (ANTARA) - Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan bahwa penyelenggara BTN Jakarta Run 2023 telah menyiapkan hadiah berupa rumah bagi peserta yang dapat memecahkan rekor nasional marathon.

"Kalau tadi memecahkan rekor, dapat rumah. Nomor satunya, Rp100 juta. Terbesar. Nomor dua, Rp75 juta. Nomor tiga, Rp50 juta," ujar Heru dalam pembukaan acara BTN Jakarta Run 2023 pada Kamis.

Dia mengatakan, rumah yang diberikan berada di daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Adapun detail rumah tersebut, katanya, akan diberitahukan saat pengumuman pemenang nanti.

"Pesertanya 12.001 orang. 1 orangnya saya," ujarnya sambil berkelakar. Heru mengatakan, dia turut berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa sebanyak 79 warga negara asing (WNA) dari 21 lebih negara ikut serta dalam acara itu.

Adapun kategori-kategori yang disediakan, katanya, adalah 5 km, 10km, serta marathon sepanjang 21 km, dan marathon 42 km.

Pj Gubernur itu juga mengatakan, rute yang ditempuh dimulai dari Balai Kota, kemudian dilanjutkan ke Rasuna Said, lalu Sudirman, serta Antasari, dan berakhir di Balai Kota lagi.

Dia berharap acara tersebut juga dapat menggerakkan perekonomian.

Dikutip dari laman resmi BTN Jakarta Run 2023, acara marathon internasional itu diselenggarakan pada 12 November 2023, guna memfasilitasi para peserta dalam menyalurkan hobi dan prestasinya.

Bank BTN juga menggandeng sejumlah usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di Jakarta untuk memeriahkan kegiatan itu, antara lain Selendang Mayang Nicholas, Dodol Betawi, dan Es Podeng Bang Iwan.

BTN Jakarta Run 2023 didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sebagai upaya untuk meningkatkan pariwisata olahraga (sport tourism) di Ibu Kota. Terdapat total hadiah sebesar Rp 2,5 milyar yang diperebutkan dalam ajang itu.

Harapannya, BTN Jakarta Run 2023 dapat memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian masyarakat.

Adapun rute lari yang ditetapkan oleh penyelenggara acara tersebut melewati sejumlah monumen dan bangunan ikonik di DKI Jakarta.

Baca juga: DKI Jakarta buka peluang jadi tuan rumah Half Marathon Asia 2024

Baca juga: Pendaftaran BTN Jakarta Run 2023 resmi dibuka besok

Baca juga: PB PASI apresiasi antusiasme peserta Jakarta Maraton 2023

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023