"Postur anggaran itu diputuskan dalam rapat Badan Anggaran DPRD dengan Tim Anggaran Pemkot Surabaya pada Rabu (8/11) kemarin dan disahkan dalam rapat paripurna hari ini,"
Surabaya (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur, siap menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024 senilai Rp10,9 Triliun bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan pada 10 November 2023.

"Postur anggaran itu diputuskan dalam rapat Badan Anggaran DPRD dengan Tim Anggaran Pemkot Surabaya pada Rabu (8/11) kemarin dan disahkan dalam rapat paripurna hari ini," kata Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono dalam keterangannya di Surabaya, Kamis.

Menurutnya, sudah menjadi keajegan Kota Surabaya untuk menetapkan APBD murni di tahun berikutnya tepat Hari Pahlawan. Hari yang diperingati dan dikhidmati tentang kepahlawanan Arek-Arek Suroboyo dalam pertempuran heroik melawan tentara sekutu pada 10 Nopember 1945.

Arek-arek Suroboyo dengan gagah berani, tekad membaja, penuh pengorbanan jiwa dan raga, dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang baru seumur jagung.

"Kami menetapkan APBD 2024 pada Jumat 10 November, tepat Hari Pahlawan, seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami khidmati jiwa kepahlawanan dan patriotisme arek-arek Suroboyo, pada 10 November 1945, yang dengan gagah berani dan tekad berkobar-kobar bertempur hebat, hidup dan mati, melawan tentara sekutu. Untuk menegakkan kemerdekaan Indonesia yang waktu itu baru beberapa bulan sejak diproklamasikan Soekarno-Hatta 17 Agustus 1945," katanya.

Adi mengatakan, hal itu adalah tugas dan tanggungjawab para generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan dengan gerak pembangunan di semua bidang. Dengan penetapan APBD Surabaya lebih dini, maka aparatur Pemerintah Kota bisa menyiapkan lebih matang program dan kegiatan Surabaya lebih matang di tahun depan.

"Sehingga 2 Januari 2024, APBD bisa berjalan dengan efektif," kata Adi yang juga Juga Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya.

Dikatakannya, keberhasilan penetapan APBD Surabaya adalah berkat kekompakan dan kerja sama semua pihak antara pimpinan dan semua anggota legislaitf, sinergi semua fraksi, serta antara DPRD Surabaya bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wakil Wali Kota Armuji bersama seluruh aparatur Pemerintah Kota Surabaya.

"Dan, yang lebih penting lagi berkat partisipasi seluruh rakyat Kota Surabaya, yang handarbeni dan mencintai Kota Pahlawan ini," kata Adi.

Program-program pembangunan Kota Surabaya disusun melalui masukan, saran dan gagasan dari berbagai representasi masyarakat di kampung-kampung, yang dihimpun melalui musyawarah pembangunan. Juga melalui penjaringan aspirasi masyarakat yang dilakukan 50 anggota DPRD. Maupun melalui pertemuan-pertemuan informal dengan warga masyarakat di berbagai kampung dan pemukiman.

"Pembangunan menyentuh di semua wilayah Surabaya, menyentuh di semua lapisan masyarakat, melibatkan semua kampung dan pemukiman, serta mencakup sekian banyak urusan pemerintahan. Kami beruntung punya kekuatan APBD yang besar, yang ditopang sumber daya manusia yang bagus, sistem pelayanan yang terus berbenah, serta leadership yang hebat di semua tingkatan. Ditambah lagi, kemajuan Surabaya digerakkan oleh partisipasi masyarakat yang hebat dan luar biasa," kata Adi.
 
Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono saat inspeksi saluran di Kota Surabaya belum lama ini. (ANTARA/HO-DPRD Surabaya)


Dalam pengalaman bertemu warga masyarakat di banyak kampung dan berbagai wilayah, Adi menjumpai antusiasme dan jiwa gotong royong warga masyarakat terwujud dalam upaya-upaya pembenahan lingkungan dan sarana-prasarana umum.

"Luar biasa! Kecintaan warga masyarakat pada kampung dan Kota Surabaya. Warga masyarakat aktif memperjuangkan berbagai usulan pembangunan," kata Adi.

Pendidikan dan kesehatan urutan teratas dalam alokasi anggaran pembangunan, masing-masing di level 21 persen dari APBD 2024. DPRD Surabaya terus mengawal ketat terjaminnya akses pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat.

Seperti penerapan zonasi sekolah, pemberian seragam gratis bagi pelajar tidak mampu, beasiswa pemuda tangguh untuk pelajar SMA/SMK dan perguruan tinggi. Juga pelayanan kesehatan yang terus berbenah, serta pembangunan rumah sakit tipe C di Jalan Ir. Soekarno.

Begitu juga dengan pembangunan infrastruktur dan sarana-prasarana lain seperti pavingisasi, perbaikan saluran air yang menekan ancaman banjir, lampu penerangan umum, perbaikan berbagai balai RW untuk mendekatkan layanan pada masyarakat, program pemberdayaan masyarakat, penyerapan tenaga kerja, dan pengentasan kemiskinan.

Pada aspek kebudayaan dan pariwisata, kata dia, DPRD Surabaya berusaha mendorong penguatan adat-istiadat serta kesenian lokal, seperti sedekah bumi yang secara rutin tiap tahun digelar di berbagai kampung. Begitu juga berdirinya kelompok-kelompok sadar wisata, yang getol mempromosikan potensi-potensi wisata Surabaya di kampungnya. Ini bertemu dengan berbagai kegiatan UMKM.

"Terlihat kekompakan dan keguyuban warga masyarakat dalam kegiatan sedekah bumi yang ramai dan meriah. Begitu pula mengangkat berbagai potensi wisata kampung. DPRD Surabaya dan Pemerintah Kota berkomitmen memberikan dukungan lewat penganggaran dan kebijakan supaya segenap tradisi dan potensi wisata bisa semakin hidup," ucapnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga menaruh perhatian lewat berbagai upaya sistematis untuk mengentas kemiskinan, menekan angka pengangguran melalui program-program padat karya sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Sebagai kota besar, Surabaya tidak henti berbenah. Semakin maju kotanya, semakin sejahtera warganya," kata Adi.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023