Jakarta (ANTARA) - Dokter kandungan dan ginekolog dari Bijnor, India, Sharma menganjurkan perempuan untuk mengganti pembalut sebanyak tiga sampai empat jam sekali untuk mencegah infeksi bakteri pada alat reproduksi.

“Sebagian besar perempuan mengganti pembalut mereka berdasarkan volume darah,” ujar Sharma, dikutip dari healthshots pada Sabtu.

Padahal, kata Sharma, baik volume darah menstruasi sedang tinggi maupun rendah, pembalut harus tetap diganti setiap empat jam.

Ia menjelaskan bahwa penggantian pembalut setiap empat jam akan menurunkan risiko infeksi bakteri pada alat reproduksi. Selain itu, Sharma juga mengatakan bahwa tidak mengganti pembalut setiap empat jam juga dapat memicu permasalahan lainnya pada alat reproduksi, seperti gatal-gatal, keputihan yang berlebih, ruam pada kulit, bahkan infeksi saluran urin.

Selaras dengan Sharma, Marketing Manager Hers Protex Stella Eidelina juga menganjurkan kepada perempuan yang sedang menstruasi untuk mengganti pembalut sebanyak tiga sampai empat jam sekali untuk menjaga kebersihan alat reproduksi.

“Kebanyakan orang hanya ganti saat mandi pagi dan mandi malam, pagi dan sore,” ucap Stella di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Haid pertama lebih awal tak berarti menopause lebih cepat

Baca juga: Obesitas jadi penyebab pola haid tidak teratur


Terutama, kata Stella, ketika menstruasinya sedang deras. Mengganti pembalut sebanyak empat jam sekali sebaiknya dilakukan untuk mencegah tumbuhnya bakteri yang mengancam kesehatan alat reproduksi.

Oleh karena itu, meskipun pembalut dirasa belum penuh, sebaiknya tetap diganti dalam kurun empat jam sekali guna menjaga kebersihan saat menstruasi.

Anjuran tersebut Stella sampaikan dalam acara Hers Protex Pajamas Party #SenyamannyaKamu. 

Ia menjelaskan bahwa pembalut “Hers Protex Comfort Night 35 cm” membantu remaja untuk tetap nyaman di malam hari saat menstruasi agar kualitas tidur tetap terjaga tanpa perlu khawatir menstruasi bocor. 

Dalam kesempatan tersebut, Stella memaparkan tiga keunggulan pembalut Hers Protex Comfort Night 35 cm, yaitu “Triple Guard Zone” untuk menyerap cairan lebih banyak, mengunci melalui 3 zona penyerapan, sehingga tidur nyenyak semalaman hingga 12 jam.

Selain itu, terdapat keunggulan “Air Soft Edge” yang merupakan permukaan lembut, kering, nyaman, dan dilengkapi dengan pelindung samping yang lembut. Keunggulan ketiga adalah Wider Guard yang berfungsi sebagai pelindung belakang yang lebih lebar sehingga tidak bocor saat bergerak waktu tidur.

“Kami sangat memahami bagaimana perjuangan remaja perempuan melalui masa pubertas dengan pengalaman menstruasi yang tidak selalu mengenakkan,” kata Stella.

Baca juga: Ganti pembalut setiap empat jam bantu cegah iritasi kulit 

Baca juga: Psikolog: Menstruasi berpengaruh pada gangguan tidur

Baca juga: "Sleep hygiene" saat menstruasi bantu tidur jadi lebih nyaman

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023