Program kami salah satunya adalah safari kesehatan menyasar desa hingga banjar-banjar di seluruh Kota Denpasar. Hal ini sengaja dilakukan agar pelaksanaannya betul-betul tepat sasaran
Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar Bali mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan menggelar safari kesehatan gratis yang menyasar ke sejumlah desa hingga banjar-banjar (dusun) di Ibu Kota Provinsi Bali itu.

Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa di Denpasar Sabtu mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar terus mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui berbagai macam program pelayanan kesehatan yang strategis.

"Program kami salah satunya adalah safari kesehatan menyasar desa hingga banjar-banjar di seluruh Kota Denpasar. Hal ini sengaja dilakukan agar pelaksanaannya betul-betul tepat sasaran," kata Arya Wibawa saat meninjau safari kesehatan menyasar masyarakat Banjar Gunung, Desa Peguyangan Kaja.

Karena itu, orang nomor dua di Kota Denpasar ini meminta masyarakat tidak ragu untuk berpartisipasi mengikuti safari kesehatan karena akan banyak memberi manfaat. Hal ini merupakan langkah promotif, preventif, dan kuratif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Semoga giat safari kesehatan yang dilaksanakan secara berkelanjutan di Kota Denpasar ini dapat memberi banyak manfaat bagi masyarakat, sehingga tingkat kesehatan masyarakat dapat terjaga," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Anak Agung Ayu Candrawati mengatakan, jenis pelayanan kesehatan yang dilayani dalam safari kesehatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan umum, skrining penyakit tidak menular, dan pengobatan dari UPTD Puskesmas III Kecamatan Denpasar Utara.

"Safari kesehatan ini juga bekerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya dengan RSUD Wangaya Kota Denpasar dalam memberikan pelayanan fisioterapi, kerja sama dengan Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali dalam memberikan deteksi dini balita seperti skrining THT dan tumbuh kembang balita," katanya.

Dokter Candrawati menambahkan, pihaknya juga bekerja sama dengan John Fawcett Foundation Indonesia (JFF) dalam memberikan pelayanan operasi katarak, pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kaca mata dan obat tetes mata sesuai hasil pemeriksaan.

Selain itu, ada juga kerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Denpasar dalam pelayanan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional. Selanjutnya kerja sama dengan Rotary Club of Bali Taman dalam melayani tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan penyuluhan tentang kesehatan organ reproduksi wanita dan periksa payudara sendiri (Sadari).

Rumah Sakit Umum Bhakti Rahayu Denpasar juga memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan obat-obatan, serta kerja sama dengan Ikatan Dokter Cabang Denpasar dalam memberikan bantuan obat-obatan.

Kegiatan safari kesehatan ini juga dirangkaikan dengan posyandu balita dan posyandu lansia meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar lengan, lingkar kepala, serta pembagian makanan tambahan bagi balita.

Putu Ariani, salah satu peserta safari Kesehatan berterima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar dan pihak lainnya yang telah menggelar safari kesehatan.

"Tentu kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan langsung di lingkungan kami," kata Ariani.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023