Kita ingin bersama-sama mewujudkan pendidikan merdeka bermain dan merdeka belajar
Mentok, Babel (ANTARA) - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil meraih penghargaan Wiyata Darma Madya dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

"Penghargaan ini saya persembahkan kepada segenap masyarakat Bangka Barat, terima kasih kepada semua pihak yang selama ini terus membantu dan mendukung berbagai gerak yang dilakukan organisasi ini," kata Bunda PAUD Kabupaten Bangka Barat Rosmala Sukirman di Mentok, Minggu.

Keberhasilan meraih prestasi gemilang tingkat nasional dengan meraih juara dua pada penghargaan Wiyata Dharma Madya Kategori Bunda PAUD Kabupaten dari Kementerian ini tidak terlepas dari berbagai upaya yang telah dilakukan, baik melalui program maupun gerakan bersama para bunda PAUD di Bangka Barat.

Penghargaan yang diterima ini dipersembahkan kepada segenap masyarakat Bangka Barat dan juga pihak-pihak yang telah mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di daerah itu.

"Sejak awal kita berkomitmen untuk terus melakukan aksi nyata dalam mendukung gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Kita ingin bersama-sama mewujudkan pendidikan merdeka bermain dan merdeka belajar," katanya.

Baca juga: Pj Gubernur Babel apresiasi gerakan PAUD mencetak generasi emas
Baca juga: Bupati Sleman terima apresiasi Bunda PAUD dari Kemendikbudristek
​​​​​

Menurut dia gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan perlu terus dilakukan dan dikawal untuk memberikan ruang bagi generasi penerus untuk bertumbuh kembang dengan baik sesuai dengan usia masing-masing.

Penghargaan dari Kemendikbudristek tersebut diharapkan bisa menjadi motivasi bersama bagi para anggota kelompok kerja Bunda PAUD, Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, GOW dan lainnya agar terus memberikan yang terbaik untuk para anak usia dini yang akan menjadi masa depan bangsa dan negara.

"Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap capaian kinerja kita dalam menjalankan peran dan tugas secara optimal untuk mendukung gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan menuju PAUD yang berkualitas. Mari kita terus bergerak dengan aksi nyata di tengah masyarakat untuk mendukung terwujudnya generasi Indonesia Emas 2045," katanya.

Tahun ini Kemendikbudristek memberikan penghargaan kepada 42 Bunda PAUD di Indonesia dalam kegiatan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional, penghargaan dibagi menjadi sejumlah kategori, yakni Wiyata Dharma Utama, Wiyata Dharma Madya, dan Wiyata Dharma Pratama.

Penerima penghargaan tersebut, yaitu sembilan terbaik untuk Bunda PAUD tingkat provinsi, 24 terbaik Bunda PAUD kabupaten/kota nontertinggal, dan sembilan terbaik untuk Bunda PAUD daerah tertinggal.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan program kerja dan aksi nyata yang dilakukan oleh Bunda PAUD di seluruh Indonesia dalam mendukung target perubahan gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan.

Baca juga: Wagub Babel buka Apresiasi GTK PAUD se-Indonesia
Baca juga: Doa bersama digelar guru PAUD se-Babel perjuangkan kesetaraan status
Baca juga: Menko PMK: Pendidikan karakter anak harus dimulai sedini mungkin

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023