Karachi (ANTARA News) -Tujuh orang meninggal akibat ledakan bom di jalan raya yang padat di Kota Karachi Rabu yang sengaja ditujukan kepada seorang hakim senior saat melintas di jalan tersebut, kata petugas.

Serangan dilakukan ketika Maqbool Baqir seorang hakim senior pada Pengadilan Tinggi di provinsi Sindh -- wilayah dengan kota besar Karachi, melintas di jalan Burns Road dengan pengawalan.

"Menurut informasi awal terdapat tujuh orang korban meninggal," kata Menteri Penerangan Sindh, Sharjeel Memon kepada wartawan.

Ia mengatakan, seorang petugas pasukan keamanan para-militer ikut menjadi korban dalam ledakan tersebut.

Polisi mengatakan bahwa Baqir segera dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan terluka parah sedangkan pengemudinya meninggal dunia.

Memon meminta para wartawan untuk ikut berdoa agar Baqir segera pulih.

"Saya bisa membenarkan bahwa hakim Maqbool Baqir mengalami luka parah," ujar petugas polisi Salman Syed kepada AFP.

"Sembilan orang terluka. Bom itu dipasang di sebuah sepeda motor dan diledakkan dengan pemicu jarak jauh," kata Syed.

Baqir dikenal sebagai hakim yang jujur dan menangani persidangan khusus anti-terorisme yang dibentuk di Pakistan untuk memutuskan dengan cepat perkara-perkara teror.

Karachi, kota berpenduduk delapan juta jiwa, menyumbangkan 42 persen pendapatan nasional kotor bagi Pakistan, tetapi kini terhenti akibat banyak kasus pembunuhan, penculikan dan lekat dengan kekerasan politik, suku dan sektarian selama bertahun-tahun.

Tahun lalu sekitar 2.000 orang terbunuh akibat kekerasan terkait masalah suku-suku dan ketegangan politik, menandai korban terbanyak dalam dua dasawarsa, demikian AFP melaporkan.

(SYS/M007/H-AK) 

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013