Pameran ini menjadi salah satu jembatan kemitraan bisnis perikanan antara pelaku usaha perikanan Indonesia dengan calon pembeli di Korea Selatan dan negara lainnya
Jakarta (ANTARA) - Produk perikanan dan makanan laut Indonesia meraup transaksi sebesar 2,56 juta dolar AS atau Rp38,47 miliar pada pameran The Busan International Seafood & Fisheries Expo (BISFE 2023) di BEXCO, Busan, Korea Selatan, pada 1-3 November 2023.

Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer Kementerian Perdagangan (Kemendag) Merry Maryati mengatakan produk-produk perikanan dan makanan laut Indonesia yang aman dan berkualitas kembali menjadi primadona. Pameran ini pun dianggap sebagai jembatan untuk memperluas jaringan.

"Pameran ini menjadi salah satu jembatan kemitraan bisnis perikanan antara pelaku usaha perikanan Indonesia dengan calon pembeli (buyer) di Korea Selatan dan negara lainnya," ujar Merry melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Pada pameran ini, Paviliun Indonesia diisi oleh sembilan peserta, terdiri atas perusahaan yang terpilih dari berbagai provinsi yang menampilkan berbagai ragam produk unggulan ikan dan olahan ikan.

Selain menampilkan produk, peserta juga melakukan penjajakan bisnis (business matching) dengan calon pembeli (buyer) yang mayoritas berasal dari Korea Selatan.

Baca juga: Ekspor kerapu hidup Belitung menuju Hongkong capai 101 ton

Baca juga: KKP lepas ekspor perdana 243 ton hasil perikanan ke Fuzhou dan Xiamen


"Paviliun Indonesia menempati lahan strategis serta menampilkan produk-produk unggulan yang digemari dan diminati pasar Korea Selatan, seperti gurita, cumi, udang, tuna, kakap, kepiting, serta berbagai ragam produk makanan olahan ikan dan hasil laut," jelas Merry.

Ekspor produk perikanan Indonesia ke pasar Korea Selatan pada 2022 tercatat mencapai 96,4 juta dolar AS. Ekspor produk perikanan Indonesia ke Korea Selatan antara lain ikan filet, ikan beku, moluska, gurita, udang dan rumput laut.

Tren ekspor produk perikanan Indonesia dalam lima tahun terakhir (2018-2022) tumbuh sebesar 8,4 persen.

Selain Indonesia, eksportir utama produk perikanan ke Korea Selatan di antaranya Rusia, Tiongkok, Vietnam, Norwegia, Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Peru, Taiwan dan Hong Kong. Produk perikanan yang diimpor Korea Selatan itu antara lain udang, kepiting, gurita, ikan beku dan salmon.

Baca juga: Trenggono: Ekspor ikan hias semester I 2023 capai 20,5 juta dolar AS

Baca juga: SKPT Biak ekspor ikan tuna segar 2,4 ton ke Jepang

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023