Jakarta (ANTARA) - Lima kementerian/lembaga yakni Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Hukum dan HAM, BPOM, Kementerian Perhubungan, dan Bakamla, meraih penghargaan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas Award) 2023 dari Presiden Joko Widodo (Jokowi.

Penyerahan penghargaan dan tropi diserahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa.

"Ini penghargaan dari Pak Presiden sebagai bentuk apresiasi terhadap kementerian dan lembaga yang telah melaksanakan Germas," ujar Menko Muhadjir.

Menko Muhadjir mengatakan Germas Award ini menjadi semacam bentuk penghargaan kepada kementerian/lembaga terbaik dalam pelaksanaan pembudayaan gerakan hidup sehat.

Menurutnya, tujuan dilaksanakan Germas Award ini untuk meningkatkan komitmen dan kepedulian kementerian/lembaga serta optimalisasi keterlibatan sektor non-pemerintah dalam mengkampanyekan dan mendorong kesadaran masyarakat untuk hidup sehat.

Baca juga: Membudayakan Germas guna meningkatkan kualitas hidup

Ia menjelaskan Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

"Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 tentang Germas," katanya.

Pemerintah, kata dia, berharap agar pengendalian penyakit tidak menular akan berjalan dengan efektif dan optimal melalui pelaksanaan Germas di tengah kehidupan masyarakat.

"Germas ini sifatnya usaha promotif dan preventif supaya sehat. Kalau sehat enggak usah ke rumah sakit, kalau enggak ke rumah sakit enggak perlu ada biaya pengobatan," katanya.

Baca juga: Kemenko PMK ajak cegah diabetes pada anak dengan penerapan Germas

Berikut urutan kementerian/lembaga terbaik:

1. Terbaik pertama: Kementerian Kelautan dan Perikanan
2. Terbaik kedua: Kementerian Hukum dan HAM
3. Terbaik ketiga: Badan Pengawas Obat dan Makanan
4. Terbaik keempat: Kementerian Perhubungan
5. Terbaik kelima: Badan Keamanan Laut

Baca juga: BPOM didik anak sekolah pilih makanan sehat lewat Germas Sapa

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023