KKP pun gencar menampilkan konten-konten edukasi terkait budaya hidup sehat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menjadi juara dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Awards pada Kategori Pembudayaan Germas Kementerian/Lembaga Terbaik Tahun 2023, yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.
 
Plt Sekretariat Jenderal (Sekjen) KKP Antam Novambar mengatakan, dalam mendukung program Germas, pihaknya telah menyiapkan sejumlah fasilitas untuk mendukung budaya hidup sehat di lingkup KKP, di antaranya terdapat fasilitas olahraga seperti lapangan badminton, peralatan gym, tenis meja hingga tenis lapangan.
 
"KKP juga memiliki klinik yang telah menerapkan program telemedicine. Sarana publikasi seperti Kios K, poster, dan mading di masing-masing gedung KKP pun gencar menampilkan konten-konten edukasi terkait budaya hidup sehat," ujar Antam dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Di samping itu, KKP memiliki kantin modern dengan menu makanan-makanan sehat dan lingkungan yang bersih. Pihaknya juga rutin menggelar bazaar produk perikanan bermutu yang dapat diakses seluruh pegawai dan masyarakat sekitaran kantor KKP.
 
"Setiap Jumat juga ada olahraga bersama di sini. Kami juga rutin menggelar donor darah dan secara periodik melakukan medical check up kepada para pegawai," bebernya.
 
Atas capaian yang diraih KKP, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono juga mengapresiasi atas capaian itu.
 
"Terima kasih kepada Bapak Presiden, Kemenko PMK, para pakar dan tim penilai Germas, alhamdulillah KKP berhasil menjadi terbaik pertama pembudayaan germas tingkat kementerian/lembaga," ujar Trenggono.
 
Sementara itu, Ketua Panitia Germas Award 2023, Jelsi Natalia Marampa, menjelaskan penilaian Germas Award dilakukan secara bertahap dengan melibatkan para pakar dan tim penilai. Proses penilaian yang berlangsung sejak Agustus 2023 itu menyasar 85 kementerian/lembaga di Indonesia.
 
Kegiatan penilaian mencakup seleksi administrasi, pemaparan kementerian/lembaga di hadapan tim pakar dan tim penilai, verifikasi lapangan untuk memastikan implementasi Germas di lingkup kementerian/lembaga, hingga rapat pleno menetapkan para pemenang.
 
"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan komitmen K/L untuk selalu menjaga konsistensi dan eksistensi pelaksanaan Germas di instansi masing-masing. Serta mendorong agar pelaksanaan Germas dilakukan secara sistematis, mulai perencanaan, penganggaran, pengadaan sarana prasarana sehingga pelaksanaan Germas berjalan secara masif dan terstruktur untuk meningkatkan produktivitas pegawai," pungkasnya.
 
Germas sendiri menjadi upaya pemerintah untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif. Hal ini merupakan langkah yang tepat untuk mengurangi angka mortalitas dan morbiditas yang disebabkan oleh penyakit tidak menular maupun menular.


Baca juga: Indonesia-China punya kontrak ekspor produk perikanan 25 juta dolar AS
Baca juga: KKP: Mengonsumsi ikan dapat mendukung generasi kuat dan cerdas
Baca juga: Ini yang bisa dilakukan agar anak suka makan ikan

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023