Dakar (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyebut Nelson Mandela "pahlawan untuk dunia" yang warisannya akan hidup sepanjang masa, saat pahlawan anti-apartheid itu terbaring kritis di rumah sakit.

"Dia adalah pahlawan. Saya kira dia adalah pahlawan untuk dunia, dan jika dan manakala dia pergi selamanya dari tempat ini, satu hal yang saya kira kita semua tahu adalah bahwa warisannya adalah salah satu yang tetap menyala di sepanjang zaman," kata Obama di Senegal seperti dikutip AFP.

Hari ini Mandela mendapatkan pernafasan buatan di rumah sakit di Pretoria. Kondisi kesehatannya ini memercikan keraguan mengenai kunjungan Obama ke Afrika Selatan yang dijadwalkan berlangsung Jumat esok.

Namun Obama yang menyebut Mandela telah mengilhaminya untuk terlibat dalam politik, mengatakan bahwa dia masih berencana untuk mengunjungi Afrika Selata, dan mengutarakan bahwa doa rakyat Amerika untuk keluarga mantan presiden Afrika Selatan.

Obama, yang menggunakan nama klan Mandela, "Madiba", berkata bahwa Mandela telah memberinya dorongan bahwa apa saja mungkin di dunia ini manakala orang-orang baik kerja bersama-sama.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013