Mereka mendaftar untuk mengikuti Pameran Kuliner STC 2023 di kawasan Pantai Samau Distrik Biak Kota
Biak Numfor, Papua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyebutkan sebanyak 145 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) telah mendaftar untuk mengikuti Pameran Kuliner Sail Teluk Cenderawasih (STC) pada 21-27 November 2023.

"Mereka mendaftar untuk mengikuti Pameran Kuliner STC 2023 di kawasan Pantai Samau Distrik Biak Kota," kata Kepala Disperindag Biak Numfor Yubelius Usior usai rapat persiapan pelaksanaan STC 2023 di Biak, Rabu.

Usior menywbutkan pelaku UMKM yang diberikan akses mengikuti pameran kuliner STC adalah mereka yang sudah memiliki Nomor Induk Berusaha, memiliki sertifikat pangan halal MUI dan punya produk usaha yang sehat dan layak konsumsi.

Menurut dia, sampai saat ini peserta pameran kuliner dan ekonomi kreatif masih didominasi pelaku UMKM Biak dengan beragam jenis produk pangan lokal.

"Untuk pelaku UMKM dari luar Biak kami masih buka untuk mendaftar sesuai degan kuota tenda yang dimiliki," sebut Usior.

Baca juga: Menteri Investasi tinjau kesiapan sarana Sail Teluk Cenderawasih Biak

Baca juga: Pelindo-Pelni siapkan KM Sinabung sebagai hotel apung STC Biak


Sebelumnya, Kadis Pariwisata Biak Onny Dangeubun menyebutkan pelaku ekonomi kreatif diberikan prioritas menjadi peserta  pameran.

"Sudah ada 40 persen pelaku UMKM yang telah siap pameran UMKM STC," katanya.

Sail Teluk Cenderawasih Biak akan berlangsung pada 23-27 November 2023 dengan berbagai kegiatan yakni ekspor hasil perikanan, diplomatik tour, pameran UMKM, pentas seni hiburan budaya adat Saereri, seminar perikanan serta temu bisnis pengusaha nasional dengan pelaku usaha Papua.

Sedangkan empat kabupaten penyelenggara STC 2023 yakni Biak Numfor, Sarmi, Waropen dan Kabupaten Kepulauan Yapen.

Sementara untuk tema kegiatan STC Biak 2023 adalah memantapkan kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik dan tagline Torang Hebat!

Baca juga: Dispar: 10 kapal layar yacth meriahkan Sail Teluk Cenderawasih Biak

Baca juga: Bupati Herry: Sail Teluk Cenderawasih Biak diundur menjadi 24 November

Pewarta: Muhsidin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023