Penanaman pohon dalam rangka kegiatan agenda 'Penanaman Sepuluh Juta Pohon Bersama Polri'
Jambi (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Jambi melakukan penanaman 10 ribu pohon di Hutan Tahura Senami Sultan Thaha Saifuddin, Kecamatan Muaro Bulian, Kabupaten Batanghari.

Kepala Kepolisian Daerah Jambi Inspektur Jendral Polisi Rusdi Hartono di Jambi, Rabu, mengatakan penanaman pohon dalam rangka kegiatan agenda "Penanaman Sepuluh Juta Pohon Bersama Polri".

Baca juga: Polda Sumbar tanam ribuan pohon dukung penghijauan lingkungan

"Agenda ini kerja sama antara Polri dengan Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan Kementerian Pertanian RI secara serentak dan Jambi hari ini ribuan pohon mulai ditanam," kata dia.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di lahan Tahura Senami tersebut dilakukan penanaman 10 ribu batang pohon dengan berbagai jenis, di antaranya pohon mahoni 1.000 batang, pohon jengkol 1.000 batang, pohon kelor 1.000 batang, pohon meranti 1.000 batang, pohon ketapang 1.000, pohon tanjung 500 batang, pohon emini 500 batang, pohon medang 1.000 batang, pohon durian 1.000 batang, pohon matoa 500 batang dan pohon ketapang daun kecil 500 batang.

Penanaman pohon ini, kata Rusdi, sebagai upaya menjaga bumi dari pemanasan global yang sudah menjadi ancaman nyata di depan mata dan perlu diantisipasi bersama.

Baca juga: Menko PMK dan Kapolri luncurkan penanaman 10 juta pohon di Madiun

Penanaman pohon tersebut merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan bersama dalam menjaga bumi dari pemanasan global dan perubahan iklim.

Menurutnya apabila kelestarian lingkungan yang ada di bumi tetap terjaga dengan baik akan memberi manfaat bagi kehidupan manusia.

Kapolda Jambi juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berperan serta menjaga bumi dengan melakukan penanaman pohon di sekitar tempat tinggal-nya sehingga membantu memperbaiki sumber daya air yang ada.

Rusdi menegaskan bahwa banyak manfaat yang didapat dengan menanam pohon. Meski dampak tidak bisa dirasakan secara langsung, tapi beberapa tahun ke depan jika pohon tersebut dirawat dengan baik dan tumbuh besar maka dapat memberikan manfaat bagi kehidupan generasi mendatang.

Baca juga: PT KAI berikan 14.000 pohon buah untuk Kabupaten Temanggung

Pewarta: Tuyani
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023