BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 17 November 2023
Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tiga hari ke depan wilayah Sulawesi Utara dilanda cuaca ekstrem.
 
"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 17 November 2023," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle, di Manado, Rabu.
 
Karena itu dia mengimbau warga tetap berhati-hati apabila beraktivitas pada kondisi cuaca ekstrem untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
 
"Masyarakat ataupun para pemangku kepentingan dapat mengakses data terkini cuaca ekstrem melalui kanal-kanal informasi yang kami sediakan," ujarnya.

Baca juga: BMKG: Musim hujan Sulawesi Utara diperkirakan awal November
Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang tinggi di perairan Sulut
 
Ben menyebutkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dari angin kencang dapat terjadi di sejumlah wilayah kabupaten di Sulut.
 
Pada tanggal 15 November, kata dia, cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Talaud.
 
Keesokan harinya, lanjut dia, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dari angin kencang diperkirakan terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
 
Sedangkan pada tanggal 17 November, menurut dia, cuaca ekstrem dapat terjadi di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan dan angin kencang di NTT hingga 20 November
Baca juga: Kepala BMKG: 2023 tahun terpanas sepanjang sejarah pencatatan iklim
 
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023