Pengembangan bibit pisang dengan memanfaatkan teknik kultur jaringan.
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) dan Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama menggelar “Launching Berjuta Bibit Pisang Cavendish” di Pusat Pembibitan Pisang, Experiment Farm Fakultas Pertanian Unhas, Tamalanrea, Makassar, Kamis.

Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa (JJ) menyampaikan kegiatan ini merupakan langkah signifikan dalam mendorong penguatan sektor pertanian.

Peluncuran bibit pisang merupakan bagian dari komitmen Unhas sebagai perguruan tinggi untuk mengambil peran membantu pemerintah memberikan kesejahteraan kepada masyarakat dan bangsa.

“Launching ini merupakan langkah positif menuju penguatan sektor pertanian Sulsel. Pengembangan bibit pisang dengan memanfaatkan teknik kultur jaringan. Sehingga dapat memperbanyak tanaman dengan lebih efisien,” kata Prof JJ.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kolaborasi yang baik antara Unhas dan Pemprov Sulsel.

Dia banyak memberikan gambaran tentang sektor pertanian Sulsel saat ini, termasuk kegiatan impor buah yang dilakukan. Bahtiar memandang dengan berbagai potensi dan kekayaan sumber daya alam Sulsel, hal tersebut dapat diminimalkan.

Lebih lanjut, Bahtiar menambahkan Pisang Cavendish memiliki nilai jual tinggi, sehingga dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi Sulsel.

Peluang ekspor pisang dari Sulsel juga sangat besar. Hal ini yang harus dimanfaatkan dengan baik. Menurut Bahtiar, perlu dilakukan upaya penyuluhan dan pendampingan kepada masyarakat untuk mengembangkan sektor pertanian melalui budi daya pisang.

Sebagai wujud komitmen dalam mendorong penguatan sektor pertanian melalui budi daya pisang, dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Unhas dan pemerintah provinsi. Hal ini menegaskan komitmen bersama dalam mendukung dan menciptakan sinergi kuat antara pendidikan tinggi, pemerintah, dan masyarakat dalam mencapai tujuan bersama.

Dalam kesempatan ini, terdapat 3.200 bibit yang dikembangkan dengan menerapkan teknik kultur jaringan. Dengan pemanfaatan kultur jaringan, bibit pisang akan berkembang lebih banyak dan berkualitas.

Sehingga, kata dia, target capaian pemerintah untuk mendorong sektor pertanian melalui budi daya pisang akan terlaksana secara optimal melalui ketersediaan bibit berkualitas dan manajemen pengelolaan yang baik.

Peluncuran berjuta bibit pisang cavendish ditutup dengan penanaman bibit pisang secara simbolis oleh Rektor Unhas bersama Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin bersama jajaran forkopimda lainnya.
Baca juga: Wamen Desa PDTT dukung program budidaya pisang di Sulsel
Baca juga: Pemprov Sulsel targetkan tanam 200 juta pohon pisang setahun

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023