Jakarta (ANTARA) - Kepolisian melakukan patroli dialogis di Jalan Kebon Raya VI, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada Jumat, untuk menyerap informasi dan keluhan mengenai keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kepala Satuan (Kasat) Samapta Polres Metro Jakarta Barat AKBP M Hari Agung Julianto menyebutkan, kegiatan tersebut ditujukan untuk mengetahui perkembangan situasi kamtibmas yang ada di lingkungan masyarakat.

"Petugas menyapa dan bersentuhan langsung dengan masyarakat setempat, membuka ruang dialog untuk mendengarkan aspirasi, keluhan dan informasi-informasi penting dari masyarakat," ujar Agung dalam keterangan tertulisnya.

Agung menuturkan bahwa pelibatan masyarakat dalam pemeliharaan keamanan menjadi salah satu strategi yang diutamakan dalam kegiatan tersebut.

"Dengan terjalinnya komunikasi yang baik antara polisi dan masyarakat, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman, kondusif dan saling percaya," ujar Agung.

Baca juga: Polisi edukasi keselamatan lalu lintas dan kenakalan remaja di sekolah
Baca juga: Polisi bagikan masker kepada pengendara di Jalan Daan Mogot


Selama patroli dialogis, pihaknya memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya peran aktif dalam menjaga keamanan lingkungan.

"Selain itu, petugas juga memberikan informasi terkait tindakan preventif yang dapat diambil oleh masyarakat guna mengurangi potensi terjadinya tindak kejahatan," kata Agung.

Adapun hasil dari kegiatan tersebut menjadi dasar bagi Kepolisian dalam menyusun strategi pengamanan yang lebih efektif.

"Dengan melibatkan masyarakat secara aktif diharapkan dapat tercipta sinergi antara Kepolisian dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan berkualitas," katanya.
Baca juga: Kelurahan di Jakarta Pusat perkuat Siskamling jelang Pemilu 2024

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023