Jakarta (ANTARA) - Bagi sebagian orang, berinvestasi merupakan hal penting untuk dilakukan, mulai dari investasi barang hingga investasi uang.

PR & Corporate Communication Lead Bibit William, salah satu aplikasi investasi digital di Indonesia membagikan sejumlah tips berinvestasi aman untuk pemula.
 
Saat ditemui dalam acara pembukaan Art Jakarta 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, William mengatakan investasi penting dilakukan sejak dini, terutama saat memasuki usia produktif. Hal ini dilakukan untuk membiasakan diri menyimpan tabungan sesuai kebutuhan dan mengantisipasi sesuatu yang mendesak di masa depan.
 
“Untuk pemula, ada dua hal yang perlu diperhatikan, pertama berinvestasi sesuai dengan profil risiko,” kata William.

Baca juga: Generasi "sandwich" harus punya aset finansial, bantu sumber pemasukan
 
Ketika mencoba suatu aplikasi investasi digital, pastikan profil pengguna sudah sesuai dengan jenis investasi yang mereka butuhkan. Mulai dari profil pekerjaan, status pernikahan, hingga besarnya risiko investasi yang dapat ditanggung.
 
“Kedua, metode yang cocok untuk pemula adalah menabung rutin. Apakah setiap minggu, setiap bulan, kita beli aja produk (investasi) yang sama dengan besaran sama,” kata William.
 
Dengan menabung rutin dalam jumlah yang sama, pengguna tidak akan menebak-nebak besaran tabungan investasi yang sudah dilakukan. Investasi pun akan lebih maksimal dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
 
“Dengan metode nabung rutin itu, memang terbukti secara historis itu akan lebih bagus,” katanya.

Baca juga: Bibit gandeng seniman lokal dalam pameran seni Art Jakarta 2023

Baca juga: Praktisi sarankan ambil investasi jangka panjang di tahun politik

Baca juga: Pakar sebut diversifikasi sebagai kiat investasi aman di tahun politik

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023