Suka Makmue (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berasal dari 10 kecamatan di kabupaten ini melalui pelatihan berjenjang tingkat dasar dipusatkan di Aula SMP Negeri 5 Seunagan, Kecamatan Suka Makmue.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya guru PAUD, yang diselenggarakan adalah tingkat dasar bagi guru yang kualifikasinya sekolah menengah atas dan S-1 non PAUD,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya Idrus di Suka Makmue, Jumat.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan kerja sama Pemkab Nagan Raya dengan Direktorat Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Ditjen GTK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI melalui Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himapaudi) Aceh.

Baca juga: Guru PAUD di Jaktim diimbau berikan pelayanan terbaik untuk anak

Kegiatan berlangsung selama lima hari pada tanggal 15-20 November 2023 yang diikuti oleh 74 guru PAUD di Kabupaten Nagan Raya.

Idrus mengatakan pelatihan tersebut sangat penting dilaksanakan, khususnya untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensi guru PAUD sesuai dengan Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.

Menurut dia, guru-guru yang mengajar di PAUD wajib memiliki sertifikat diklat berjenjang tingkat dasar, sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi bagi guru agar layak untuk mengajar.

Baca juga: Himpaudi Sumsel dorong guru PAUD tingkatkan kualitas

Ia berharap setelah mengikuti kegiatan tersebut para guru dapat lebih paham cara mengajar PAUD sesuai dengan jenjang usianya.

Bunda PAUD Provinsi Aceh Ayu Febiola Marzuki juga ikut memberikan arahan sekaligus temu ramah dengan peserta pelatihan secara daring melalui zoom meeting.

"Ada enam fondasi pada anak usia dini untuk kesiapan belajar di tingkat lebih lanjut, kemudian peran serta orang tua terhadap tumbuh kembang anak," katanya.

Ia menyebutkan, ayah juga mempunyai peran penting dalam pendidikan anak seperti mengambil rapor diharapkan ayah juga ikut andil.

Baca juga: Pemkab Kediri akan naikkan insentif guru honorer PAUD 

"Sebagaimana yang kita ketahui saat ini peran ibu lebih dominan dalam kegiatan anak di sekolah," tutur Ayu Febiola.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023