"Pembangunan Food Estate di lahan tidur akan menempati lahan seluas 20 ribu meter persegi atau 2 hektar di tengah Kota Depok
Depok (ANTARA) - Komunitas yang peduli dengan lingkungan hidup, kebersihan, penghijauan dan penataan kota, Kampung Kita Depok (K3D) mengubah lahan tidur menjadi lahan pertanian sayuran maupun buah-buahan di tengah Kota Depok, Jawa Barat.

"K3D telah melakukan berbagai upaya terutama terkait penataan kawasan Jalan Raya Juanda, Depok. Di beberapa area telah dilakukan upaya penghijauan dan pembersihan kawasan tersebut," kata Pendiri dan Pembina K3D, Sungkowo Pudjodinomo atau yang akrab disapa Pakde Bowo di sela-sela acara Grand Launching Urban Farming di Jalan Juanda Depok, Sabtu.

Pembangunan lahan pertanian di tengah pusat kota menjadi proyek lumbung pangan atau food estate yang merupakan salah satu program Pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan.

"Pembangunan Food Estate di lahan tidur akan menempati lahan seluas 20 ribu meter persegi atau 2 hektar di tengah Kota Depok," jelas Pakde.

Lahan semak belukar yang berada di Jalan Juanda di depan Mal Pesona Squaredibabat habis dan akan ditanami beragam tanaman sayuran dan buah-buahan seperti cabai besar jenis cabai gandewa, cabai keriting jenis cabai keriting gada dan cabai kastilo.

Selain itu cabai rawit jenis rawit pelita, rawit rawita, bayam maestro, kangkung bangkok, caisim tosakan dan selada grand serta akan ditanami padi dan tanaman buah seperti pohon alpukat, durian, pepaya, jambu, mangga dan rambutan.

Ketua K3D, Ibnu Haris Masnyur mengatakan selain itu di sisi sepanjang Jalan Juanda juga akan dibangun kafe sayuran dan buah dengan pemandangan lahan pertanian.

Selain itu, pihaknya yang memiliki program mendukung penghijauan di Kota Depok dengan juga menanam pohon buah di sepanjang lahan tidur milik Tol Cijago tersebut.

"Kalau sudah hijau semua, Food Estate ini akan terlihat fenomenal. Ada pertanian di tengah kota. Depannya ada mal dan kami juga akan membangun green house dan jogging track," jelasnya.

Pakde mengatakan sudah banyak yang diperbuat K3D untuk berperan serta menata Kota Depok dibeberapa kawasan yang kumuh 'disulap' menjadi hijau, tertata dan bersih.

Diantaranya yakni Taman Bonsai di kawasan Jalan Margonda, Taman dan Wisata Air di Situ Pangarengan Jalan Juanda, Taman Pintu Masuk Tol Jalan Margonda, Taman Bermain Anak, Seni dan Budaya di Kolong Fly Over Arief Rahman Hakim.

Pakde Bowo yang tak pernah lelah terus berupaya menghijaukan Jalan Margonda dan Juanda. Dan, Pakde Bowo mengumpulkan warga Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang ada di Kota Depok untuk mengembangkan pertanian perkotaan di kawasan Jalan Juanda.

Baca juga: Warga Depok didorong maksimalkan pertanian konsep "urban farming"
Baca juga: FTUI rancang AIA Greenhouse atasi keterbatasan lahan pertanian

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023