saya mengajak untuk terus bersemangat, belajar
Denpasar (ANTARA) - Wali Kota Denpasar, Bali, I Gusti Ngurah Jaya Negara berharap peringatan Hari Puputan Margarana setiap 20 November agar dimaknai sebagai upaya penghayatan dan pelestarian jiwa dan nilai juang 1945 untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan.

"Perjuangan para veteran agar bisa kita maknai dan digunakan sebagai landasan pelaksanaan pembangunan di Kota Denpasar," kata Jaya Negara pada acara sarasehan serangkaian peringatan Puputan Margarana di Denpasar, Sabtu.

Pertempuran Puputan Margarana merupakan salah satu pertempuran antara Indonesia dan Belanda dalam masa Perang kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada 20 November 1946. Pertempuran Margarana saat itu dipimpin oleh Kepala Divisi Sunda Kecil Kolonel I Gusti Ngurah Rai.

"Mari kita perkokoh rasa persatuan untuk menjadikan kota kita ini menjadi kota kreatif berbasis budaya dengan semangat Vasudhaiva Kutumbhakam (kita semua bersaudara)," ujarnya.

Jaya Negara juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pejuang veteran dan keluarganya yang telah rela berjuang untuk menegakkan NKRI, serta melanjutkan cita-cita pembangunan yang luhur.

Baca juga: Pentas "Ciung Wanara" di Klungkung kisahkan perjuangan rakyat Bali
Baca juga: Napak Tilas I Gusti Ngurah Rai tiba di Badung


Sementara itu Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Denpasar Djero Wiladja menyampaikan pada rangkaian peringatan Puputan Margarana ke-77 ini, beberapa kegiatan telah dilaksanakan.

Mulai dari pelaksanaan apel, dan juga serah terima pataka, panji dan surat surat sakti I Gusti Ngurah Rai. Kemudian terakhir dilanjutkan dengan pelaksanaan sarasehan.

"Pelaksanaan sarasehan semakin memperdalam penghayatan para generasi muda tentang peristiwa Puputan Margarana," ucapnya.

Djero Wiladja menaruh harapan besar pada generasi muda agar dapat terus melanjutkan semangat yang dimiliki oleh para veteran, dengan menerapkan pada perjuangan membangun negeri di masa sekarang.

"Anak-anakku sekalian, para generasi muda, saya mengajak untuk terus bersemangat, belajar, dan mengisi masa-masa kalian dengan hal dan kegiatan positif untuk membangun negeri agar cita-cita luhur bangsa ini untuk menjadi bangsa yang maju, dapat diwujudkan," katanya.

Dalam acara sarasehan juga tampak hadir Sekretaris Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua MDA Kota Denpasar Anak Agung Ketut Sudiana, Ketua Komisi III DPRD Kota Denpasar Eko Supriadi, Ketua LVRI Provinsi Bali I Gusti Bagus Saputera, dan Ketua LVRI dan juga para tokoh penglingsir Puri Kesiman.

Baca juga: Napi Kerobokan tampilkan tari puputan margarana yang menceritakan perjuangan Ngurah Rai
Baca juga: Pemkot Denpasar gelar "mahabandana prasada" serangkaian Puputan Badung

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023