Pontianak (ANTARA) - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie berpendapat bahwa politisi bersih yang pintar dan baik harus diiringi dengan ketegasan partai sebab politik merupakan kerja kolektif.

"Ternyata enggak cukup anggota dewan itu banyak yang pintar, banyak orang yang baik, banyak orang yang bersih, tetapi kalau partainya tidak satu nilai dengan dia maka percuma ada orang yang bersih dan bagus di situ,” kara Grace saat bertemu tokoh lintas agama dan muda-mudi di Pontianak, Kalimantan Barat, Minggu.

Grace kemudian mencontohkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat masih bertugas di Komisi II DPR RI. Kala itu, kehadiran Ahok tidak bisa membendung terjadinya korupsi e-KTP yang menjerat anggota dewan di komisi itu.

"Ada Pak Ahok di situ antara lain, tapi ternyata dia tidak bisa menghentikan kasus korupsi e-KTP. Kasus itu terjadi dan banyak anggota Komisi II yang kena dan ditangkap oleh KPK. Apakah itu artinya kurang orang baik, kurang orang pintar? Saya kira enggak," ucapnya.

Baca juga: PSI ungkap alasan partainya jadi representasi anak muda

Dia menuturkan bahwa partai sebagai rumah dari organisasi politik seharusnya memiliki spirit yang sama dengan politisi atau kader mereka.

"Kalau memang orangnya pinter, rumahnya salah maka percuma karena yang berlaku itu bukan jawaban atau sikap dari orang per orang, melainkan organisasinya secara kolektif memutuskan apa," katanya.

Grace pun menyebut PSI memiliki kebijakan yang tegas mengenai pemberantasan korupsi dan partainya pernah memecat kader yang sempat melenceng dari spirit antirasuah.

“Di PSI, kita punya policy (kebijakan) yang sangat saklek. Jadi, ada satu orang yang diberhentikan karena memilih untuk sama dengan yang lain dalam hal pertanggungjawaban soal keuangan yang lazim dilakukan oleh anggota dewan lain, tapi di PSI enggak boleh," katanya.

Baca juga: Kaesang minta kader PSI lolos Senayan dorong RUU Perampasan Aset

Menurut dia, jika kader dibiarkan mengambil uang kecil maka yang bersangkutan memiliki potensi untuk mengambil uang yang lebih besar. Dalam kondisi ini, ketegasan partai diperlukan.

"Dengan adanya kesamaan nilai, bukan cuma orang baik yang bisa kita dorong, tetapi dia akan terus baik ketika di luar karena rumahnya baik," ujar Grace.

Grace mengatakan hal itu menjawab pertanyaan audiens, yakni Libertus dari Ikatan Mahasiswa Dayak, yang bertanya perihal cara PSI untuk meyakinkan pemuda bahwa partainya yang terbaik dalam hal mewakili rakyat.

Baca juga: Kaesang: PSI tidak ingin ikut campur urusan Gibran dengan PDIP

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023