Tahun depan kita tingkatkan menjadi Rp40 juta. Inilah upaya kita dalam mensejahterakan masyarakat
Tanjungpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, mengajak masyarakat Desa Merawang, Kabupaten Lingga memanfaatkan program pinjaman dengan bunga nol persen untuk mendukung kemajuan ekonomi, khususnya pelaku UMKM

"Pemprov Kepri bekerja sama dengan Bank Riau Kepri memberikan pinjaman dengan bunga nol persen, atau bunga pinjaman sepenuhnya ditanggung oleh Pemprov Kepri," kata Gubernur Ansar saat berkunjung ke Desa Merawang, Senin (20/11).

Baca juga: Pemprov Riau menargetkan nol persen kemiskinan ekstrem Desember 2023

Menurut Ansar program pinjaman bunga nol persen ini sudah dimulai sejak tahun 2022 hingga 2023 yang bertujuan membantu pemulihan ekonomi pelaku UMKM terdampak pandemi COVID-19.

Ia menyebut, program serupa akan kembali dilanjutkan pada tahun 2024 dengan nominal pinjaman sebesar Rp40 juta atau meningkat dari sebelumnya sebesar Rp20 juta.

"Tahun depan kita tingkatkan menjadi Rp40 juta. Inilah upaya kita dalam mensejahterakan masyarakat," jelas Ansar.

Selain itu, kata Ansar, Pemprov Kepri juga telah membangun rumah singgah bagi warga yang dirujuk atau berobat di Jakarta dan Batam.

Lalu, ada pula peningkatan pelayanan RSUP Kepri di Tanjungpinang yang sudah bisa melayani pemasangan ring jantung, sehingga masyarakat tidak perlu lagi harus jauh-jauh ke Jakarta atau ke luar negeri.

Baca juga: Pemprov Kepri sebut 1.100 UMKM manfaatkan pinjaman bunga nol persen

Selanjutnya, Pemprov Kepri saat ini sedang membangun rumah sakit jiwa (RSJ) yang berlokasi di Bintan. Hal ini bertujuan agar orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan dan tidak harus jauh-jauh ke Pekanbaru seperti yang terjadi selama ini.

"Program-program ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Seperti rumah singgah untuk membantu masyarakat kita yang akan berobat ke Jakarta, sementara mereka tidak mampu. Di rumah singgah, bapak/ibu bisa tinggal di sana gratis, silakan manfaatkan itu," kata Ansar.

Dalam kunjungannya ke Desa Merawang, Gubernur Ansar dan jajaran turut meresmikan semenisasi jalan masuk ke sekolah SMKN 2 Lingga. Ia pun berkomitmen untuk membangun sarana pendukung di sekolah itu pada tahun 2024.

"Saya belum pernah ke sini sebelumnya, dan ternyata di sini masyarakatnya ramai dan kompak. Sekolah SMKN 2 ini semoga diberkahi Allah, guru-gurunya sehat dan murid-muridnya cerdas," ucap Ansar.

Baca juga: Dirut BRI sebut kredit mikro bunga nol persen tidak rugikan bank
 

Pewarta: Ogen
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023