Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua memastikan sebanyak 11 kedutaan besar perwakilan negara sahabat akan menghadiri pembukaan Sail Teluk Cenderawasih (STC) Biak pada 23 November 2023.

"Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dan panitia pelaksana sudah mendapat informasi kehadiran perwakilan negara sahabat di STC," ujar Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap di Biak, Selasa.

Disebutkan Herry, dari sejumlah duta besar yang bakal menyaksikan STC di Biak, di antaranya Dubes Rumania, Mozambique, Fiji, SCM Kedubes Jepang, dan Sekretaris Kedubes New Zeeland.

Perwakilan kedubes negara sahabat lainnya yang ke Biak saat STC yakni Sekretaris Kedubes Kuwait, Consular Service Enquiries/Promotion and Cultural Affairs Kedutaan Fiji, CDA Bulgaria, CDA Kedutaan Bisnis Herzegovina.

Diakuinya kunjungan pejabat kedubes negara sahabat selain ingin menyaksikan langsung STC Biak juga akan mengikuti kegiatan ekspor perikanan dan pariwisata, diplomatik tour, temu bisnis, pameran UMKM, serta pentas seni budaya daerah Papua dan Nusantara.

Baca juga: TNI AL-Kementerian Investasi adakan bakti sosial kesehatan dukung STC

Baca juga: STC Biak berdampak ekonomi bagi warga lokal dan sektor infrastruktur


Sedangkan untuk pelaksanaan STC Biak, menurut Bupati Herry, akan dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama 15 menteri, Kepala Staf TNI dan Kapolri serta isteri para menteri.

"Saat ini Pemkab Biak Numfor bersama masyarakat sudah 100 persen siap menggelar STC 2023 sesuai dengan agenda kegiatan yang disiapkan panitia pusat," sebut Bupati Herry.

Ia berharap, berbagai elemen masyarakat Biak Numfor dapat menjaga kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif selama berlangsung STC Biak pada 21-27 November 2023.

Pada STC 2023 empat Kabupaten sebagai penyelenggara yakni Biak Numfor, Sarmi, Waropen dan Kabupaten Yapen Kepulauan.

Sedangkan tema STC 2023 "Menjaga Kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik" dan yagline "Torang Hebat!"

Baca juga: Kadin-HIPMI Biak prioritaskan pelaku UMKM OAP peserta pameran STC

Baca juga: Pemkab Biak: 145 pelaku UMKM mendaftar ikut Pameran Kuliner STC 2023

Pewarta: Muhsidin
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023