Baturaja (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, mengumpulkan dana donasi sebesar Rp200 juta untuk membantu umat Muslim di Palestina yang sedang menghadapi konflik dengan Israel.

Kepala Kantor Kemenag OKU Muhammad Ali di Baturaja, Rabu, mengatakan dana tersebut dikumpulkan melalui donasi solidaritas untuk Palestina yang dihimpun oleh jajaran keluarga besar Kemenag setempat.

Dia menjelaskan donasi kemanusiaan itu berasal dari keluarga besar Kemenag OKU mulai dari jajaran pegawai, KUA, madrasah, majelis taklim, Forum OSIS SMA/SMK Binaan Guru PAI se-Kabupaten OKU dan masyarakat luas di wilayah itu.

Penggalangan dana tersebut dilakukan untuk membantu rakyat Palestina korban keganasan Israel yang memborbardir warga sipil di Gaza hingga menelan ribuan korban jiwa.

Baca juga: Riau serahkan Rp5,6 miliar donasi untuk Palestina ke BAZNAS RI

Baca juga: Kemlu pastikan tiga WNI relawan RS Indonesia di Gaza aman


"Seperti kita ketahui bersama di Palestina saat ini banyak warga yang kehilangan tempat tinggal karena rumah mereka hancur dibombardir oleh Israel," katanya.

Akibat peperangan tersebut banyak juga rakyat Palestina yang kesulitan mendapat makanan pokok karena sulitnya bantuan logistik masuk ke jalur Gaza.

Oleh sebab itu, ia mengaku sangat bangga dengan semangat untuk berderma dan rasa empati dari keluarga besar Kemenag OKU yang patut diberikan apresiasi dalam berbagai musibah dan bencana, baik bencana alam maupun konflik kemanusiaan.

"Saya sangat terharu dan berharap apa yang telah kami perbuat ini menjadi motivasi bagi pihak-pihak lainnya untuk peduli atas tragedi yang menimpa umat Muslim di Palestina," ujarnya.

Dana yang terkumpul tersebut segera diteruskan ke Kanwil Kemenag Sumsel dan selanjutnya diserahkan ke Kemenag RI di Jakarta untuk disalurkan ke Palestina.

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Ali pun mengajak masyarakat untuk terus membantu, mendoakan dan menggalang aksi solidaritas untuk Palestina yang saat ini sedang menghadapi musibah dari penjajahan zionis.*

Baca juga: Presiden Palestina sambut kesepakatan jeda kemanusiaan di Gaza

Baca juga: Kemlu masih verifikasi kabar penangkapan dua WNI di Gaza oleh Israel

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023