Jakarta (ANTARA) - Kepolisian meningkatkan keahlian dalam menangani tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dan eksploitasi terhadap anak melalui pelatihan yang bekerjasama dengan Operation Underground Railroad (OUR) dan Women And Children Resilience (WCR) pada Kamis.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol M
Syahduddi menjelaskan, kolaborasi tersebut berupa pelatihan bagi personel Kepolisian khususnya para penyidik untuk meningkatkan kapasitas dalam mengidentifikasi dan menangani kasus perdagangan orang serta 
eksploitasi anak.

"Pelatihan ini tidak hanya mencakup aspek hukum, tetapi juga fokus pada pendekatan sensitif terhadap korban," kata Syahduddi saat dikonfirmasi.

Menurut Syahduddi, perdagangan orang dan eksploitasi anak menjadi hal yang perlu diperhatikan sebagai salah satu ancaman global dan perlu mendapat perhatian pemerintah.

Baca juga: Pemkot Jakbar dan Polda Metro lakukan sosialisasi pencegahan KDRT

"Dalam pelatihan ini bagaimana kita bisa memperkuat aspek regulasi dan peraturan yang ada tentang penanganan kasus TPPO maupun eksploitasi anak," ujar Syahduddi.

Pelatihan tersebut, kata Syahduddi, penting untuk meningkatkan sumber daya Manusia (SDM) penyidik dalam penanganan TPPO dan eksploitasi anak sehingga bisa sejalan sesuai dengan peraturan pemerintah.

"Kegiatan ini menjadi langkah konkret Polres Metro Jakarta Barat dalam memperkuat perlindungan terhadap masyarakat, khususnya kelompok rentan terhadap tindak kejahatan ini," ungkap dia.

Ia berharap, hasil pelatihan tidak hanya meningkatkan efektivitas penegakan hukum, tetapi juga memberikan dampak positif dalam pencegahan dan pemulihan bagi korban.

Baca juga: Wali Kota Jakbar minta warga lebih peka terhadap indikasi TPPO

Direktur WCR Margaretha Hanita mengapresiasi Polres Metro Jakarta Barat yang memiliki ruang pelayanan anak yang lengkap.

"Karena itu kami hadir di sini berharap Polres Metro Jakarta Barat sebagai 'pilot project' yang dapat ditiru Polres lainnya," ungkap Margaretha.

Rescue Development Director OUR Rescue Indonesia, Lance Lueck menyebutkan bahwa kasus-kasus TPPO dan eksploitasi anak harus menjadikan perhatian bersama.

"Kami di sini ingin berbagi pengalaman apa yang kami dapat kepada Polres Metro Jakarta Barat untuk bisa diimplementasikan," kata Lance.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023