Mogadishu (ANTARA) - Kedutaan Besar China untuk Somalia menyumbangkan dana sekitar 140.000 dolar Amerika Serikat untuk membantu warga Somalia yang terdampak banjir saat ini, yang telah mengakibatkan lebih dari 1,7 juta orang mengungsi di seluruh negeri.

Dana tersebut akan digunakan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Somalia yang terdampak banjir akibat hujan lebat yang mengguyur negara tersebut, kata Duta Besar China untuk Somalia Fei Shengchao.

Fei mengatakan bahwa China telah menyaksikan warga Somalia menderita akibat banjir parah. Dia menyoroti bahwa China adalah negara pertama yang memberikan bantuan langsung kepada Somalia sejak banjir besar melanda negara itu pada awal Oktober.

"China memutuskan untuk memberikan bantuan darurat berupa dana sebesar 1 juta yuan kepada Somalia. Selain itu, lebih dari 1.000 ton bantuan pangan darurat akan segera tiba untuk mendukung upaya bantuan bencana di Somalia. Tindakan ini merupakan langkah nyata menuju implementasi visi komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia," kata Fei kepada wartawan di Mogadishu, ibu kota Somalia.

Pemerintah China secara konsisten membantu masyarakat Somalia dalam situasi sulit dan berjanji untuk berpartisipasi dalam upaya rekonstruksi infrastruktur ekonomi yang rusak akibat hujan dan pembangunan bendungan, kata Fei.

Mewakili pemerintah Somalia, Komisaris Badan Penanggulangan Bencana Somalia Mohamuud Moallim mengucapkan terima kasih kepada pemerintah China atas bantuannya.

"Pihak Somalia akan memanfaatkan bantuan China dengan baik dan menyalurkan bantuan secara tepat waktu kepada mereka yang terdampak bencana," kata Moallim.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023