Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc secara virtual, Jumat, melepas tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang akan berkompetisi di ajang Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas) ke-36 di Universitas Padjajaran.

Rektor Unhas yang saat ini tengah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri menyampaikan dukungan penuh kepada seluruh tim Unhas yang akan berangkat ke Pimnas 36.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unhas juga menyampaikan pihak kampus akan memberikan reward kepada mahasiswa yang berhasil mendapatkan medali emas di Pimnas 36 nanti.

“Selamat berjuang kepada 29 tim Unhas di Pimnas 36, semoga dapat mempersembahkan prestasi terbaik,” ujarnya.

Baca juga: Unimed raih juara nasional Pimnas di UMM Malang

Baca juga: Dua judul Program Kreativitas Mahasiswa FISIP UMSU lolos Pimnas 2022


Pada Pimnas 36 ini, Unhas meloloskan 29 tim yang terdiri dari 133 mahasiswa. Pimnas tahun ini diselenggarakan Kemendikbudristek bekerja sama dengan Universitas Padjajaran pada 29 November sampai 1 Desember 2023.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin, MKes Sp.BM(K) menyampaikan pihaknya terus berbenah untuk mewujudkan prestasi terbaik Unhas. Tak hanya itu, Kampus Merah juga akan mengajukan diri sebagai tuan rumah Pimnas tahun berikutnya.

“Ke depan kita rancang lagi strategi, semoga bisa kita maksimalkan lagi. Tahun depan Unhas mengusulkan sebagai host (tuan rumah Pimnas), sesuai dengan arahan Pak Rektor,” ujarnya.

Pada pelepasan ini, Prof Ruslin juga membakar semangat para mahasiswa yang akan berlaga di Pimnas. Ia juga berharap Rektor Unhas terus memberi arahan dan dukungan agar dapat terus menampilkan kejayaan Unhas di tingkat nasional.

Pelepasan tim PKM Unhas ditandai dengan penyerahan bendera Unhas oleh Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Abdullah Sanusi PhD kepada Koordinator Lapangan Tim Pimnas Unhas drg Nursyamsi MKes.

Selain itu juga dilakukan penyematan jaket seragam Pimnas Unhas kepada perwakilan peserta dan koordinator lapangan.

“Alhamdulillah rangkaian persiapan menuju Pimnas berjalan lancar. Mulai besok, 25 November seluruh tim mahasiswa akan berangkat ke Bandung. Semoga semua rangkaian kegiatan bisa berjalan lancar,” ujar Abdullah Sanusi.

Sebelum pelepasan, Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir melakukan serangkaian persiapan untuk memaksimalkan capaian prestasi Unhas di Pimnas 36. Setelah pengumuman jumlah tim yang lolos ke Pimnas pada 7 November lalu, Unhas menggelar kick off Persiapan Menuju Pimnas 36.

Selanjutnya, seluruh tim yang lolos mengikuti workshop persiapan pada 11 November 2023. Untuk memantapkan persiapan, Unhas melalui Tim Pokja Prestasi dan Kewirausahaan juga menggelar Konsinyering PKM selama lima hari.*

Baca juga: Mahasiswa pembuat bantal pereda gangguan rahang juarai Pimnas 2021

Baca juga: 3.126 mahasiswa siap bersaing di PIMNAS ke-34 USU

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023