Jakarta (ANTARA) - Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid menjelaskan bahwa kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang dimulai dari Kota Sabang sampai Merauke merupakan simbol dari sila ketiga Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia.

"Inilah hari pertama kampanye dan disinilah kami bersama-sama menyaksikan tadi mulainya kampanye  nomor tiga, Ganjar-Mahfud. Mas Ganjar ada di Merauke dan Pak Mahfud ada di Sabang," ujar Arsjad di Gedung High End, Jakarta, Selasa.

"Ini untuk mengatakan apa? Kalau tiga dalam Pancasila adalah Persatuan Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke kita bersatu, sangat simbolik sekali," tambahnya.

Pada hari pertama kampanye Pilpres 2024, Ganjar memulai kunjungannya dari Kota Merauke, Papua Selatan. Sementara, Mahfud dari Kota Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Kedua pasangan capres-wapres ini memulainya dari desa. Sebab, kata Arsjad, Ganjar-Mahfud ingin membangun perekonomian Indonesia dari desa.

"Kami melihat bagaimanapun harus melakukan pemerataan secara ekonomi," ucap Asrjad.

Untuk itu, penting sekali memastikan pemerataan dan pertumbuhan ekonomi yang merata guna mencapai kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Dengan demikian makanya kami pastikan ekonomi menjadi fokus utama karena untuk kesejahteraan," tegasnya.

Namun untuk kemakmuran dan keadilan memerlukan kepastian hukum. Menurut dia, Ganjar-Mahfud merupakan kombinasi yang dapat menyatukan itu semua.

"Ini semua untuk kemenangan bangsa Indonesia, bukan untuk kemenangan Mas Ganjar dan Prof Mahfud," kata dia.

Adapun pihaknya telah mengumpulkan sebanyak 38 tim pemenangan daerah (TPD) sekaligus relawan Ganjar-Mahfud untuk memulai kampanye serentak yang mengutamakan persatuan dan kesatuan.

Arsjad mengaku ingin menyentuh hati rakyat dengan memperkenalkan sosok Ganjar-Mahfud beserta program yang digagasnya untuk Indonesia. Ia menilai, apabila rakyat Indonesia mengetahui gagasan dan program Ganjar-Mahfud, mereka akan memilih pasangan nomor urut 3 itu di Pilpres 2024.

"Kami percaya bilamana rakyat Indonesia mengetahui lebih tentang Mas Ganjar dan Prof Mahfud dan juga apalagi dengan gagasan dan program-programnya, maka kami percaya rakyat Indonesia akan memilih Mas Ganjar dan Pak Mahfud," pungkas Arsjad.

KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.
Baca juga: Kampanye Ganjar di Merauke tertib dan disambut hangat masyarakat
Baca juga: Ganjar sampaikan lagi rencana satu desa satu puskesmas di Merauke
Baca juga: Ganjar-Mahfud akan berkampanye dari timur dan barat Indonesia

 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023