bentuk apresiasi kepada pengusaha yang sudah memberikan jaminan sosial bagi tenaga kerjanya serta yang tertib kategori perusahaan menengah dan besar
Bangkalan (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Madura memberikan penghargaan kepada pengusaha di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Selasa, yang telah memberikan manfaat perlindungan jaminan sosial kepada tenaga kerjanya.

"Ini merupakan kegiatan rutin kami, sebagai bentuk apresiasi kepada pengusaha yang sudah memberikan jaminan sosial bagi tenaga kerjanya serta yang tertib kategori perusahaan menengah dan besar," kata Kepala BPJAMSOSTEK Madura, Indriyanto di Pendopo Agung Pemkab Bangkalan, Jawa Timur, Selasa.

Ia menjelaskan di Bangkalan ada 24 perusahaan kategori menengah besar yang tertib secara iuran dan administrasi. Puluhan perusahaan itu masuk nominasi "reward" karena sudah mendaftarkan pekerjanya pada program jaminan kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pensiun.

"Ada 6 perusahaan yang kami berikan reward, salah satunya yang menarik menurut kami ada satu kategori reward yakni penggunaan aplikasi mobile JMO tertinggi, seluruh tenaga kerjanya menggunakannya," ujar Indriyanto.

Dalam kesempatan itu, BPJAMSOSTEK Madura menyinggung Pemkab Bangkalan yang masih memiliki banyak gap coverage dalam kepesertaan tenaga kerja informal.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Denpasar: Kantor Pusat di IKN penyemangat perluas cakupan

Baca juga: BPJAMSOSTEK Depok lindungi peserta turnamen bulu tangkis FISIP UI


"Tadi kami sudah sampaikan kepada Pak Sekda, bahwa di Bangkalan terlalu banyak gapnya, terutama tenaga kerja informal atau tenaga kerja mandiri, sampai sekarang masih sekitar 24-25 persen," kata dia.

Sementara Penjabat (Pj) Bupati Bangkalan Arief M Edie mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang sudah memberikan jaminan sosial pada pekerjanya.

Ia berharap seluruh perusahaan terus berkomitmen memberikan perlindungan sosial dan menyalurkan CSR melalui jaminan sosial bagi pekerja rentan pada ekosistem badan usaha.

"Semoga dengan terciptanya sinergi pemerintah dengan BPJAMSOSTEK bisa mengurangi kemiskinan ekstrem, karena pekerja sudah memiliki jaminan sosial saat terjadi risiko seperti kecelakaan kerja dan kematian," katanya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan edukasi badan usaha di Bali soal MLT dan Sertakan

Baca juga: BPJAMSOSTEK sosialisasi program manfaat bagi kementerian dan lembaga 

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023