Jakarta (ANTARA) - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (Taspen) dan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) bersinergi untuk mengoptimalkan layanan Program Jaminan Sosial bagi aparatur sipil negara (ASN) di seluruh Indonesia.

"Sinergi yang dihadirkan Taspen bersama Korpri melalui beberapa program diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan ASN di Indonesia selama mengabdi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Direktur Operasional Taspen Ariyandi di Jakarta, Rabu.

Ariyandi mengatakan Taspen terus berupaya meningkatkan efektivitas proses bisnis perusahaan, melalui penguatan teknologi digital yang agile, andal, aman, dan terintegrasi.

Taspen mempunyai empat program, antara lain Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Tabungan Hari Tua (THT), dan Program Pensiun untuk memastikan kesejahteraan ASN di Indonesia terjamin, sejak menjabat sebagai ASN aktif hingga memasuki masa pensiun.

Dengan menghadirkan inovasi layanan dan program berbasis digital, Taspen berupaya mendekatkan diri dengan peserta, salah satunya melalui aplikasi Taspen One Hour Online Service (TOOS).

Selain itu, Taspen memudahkan ASN untuk mendapatkan rumah pertama melalui Program ASN Housing. TASPEN juga memiliki Program Wirausaha Pintar yang dapat meningkatkan kesejahteraan pensiunan ASN. Taspen berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan layanan yang terbaik bagi peserta.

Dengan total sebanyak 6,74 juta peserta Taspen, di mana 3,68 juta peserta ASN aktif dan 3,06 juta peserta pensiunan, Taspen aktif berupaya mengikuti perkembangan teknologi dan berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga, sehingga dapat berjalan bersama dengan satu tujuan yang sama.

Hingga Oktober 2023, Taspen memiliki sebanyak 57 kantor cabang, 44 mitra bayar, lebih dari 17.849 titik layanan Taspen, dan lebih dari 3 juta titik layanan digital Taspen.

Sementara Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Zudan Arif Fakrulloh mengatakan sejalan dengan yang dilakukan pemerintah, Korpri mendorong empat program utama, yakni peningkatan kualitas pelayanan publik dan digitalisasi birokrasi, menguatkan ideologi dan karakter ASN, perlindungan karir dan bantuan hukum ASN, dan peningkatan kesejahteraan ASN.

"Kerja sama Taspen dan Korpri dapat meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan ASN di seluruh Indonesia," tuturnya.

Taspen dan Korpri berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas yang akan memudahkan ASN dalam mendapatkan manfaat dari program utama Taspen maupun program tematik khusus bagi para ASN.

Baca juga: Taspen raih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2023
Baca juga: Wamenaker: TASPEN hadirkan inovasi untuk mudahkan ASN di Indonesia
Baca juga: Gubernur Jambi ajak pensiunan ASN berwirausaha

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023