Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII Padang membuka sejumlah layanan penukaran uang untuk umum guna memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dan menyambut Idul Fitri, pada 15 Juli-2 Agustus,"
Padang (ANTARA News) - Bank Indonesia mengimbau masyarakat menukarkan uangnya untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri 1434 Hijriah di tempat resmi agar tidak dirugikan.

"Jika masyarakat menukarkan uang melalui jasa penukaran uang tidak resmi selain harganya lebih tinggi, dikhawatirkan jumlah lembarnya berkurang serta ada kemungkinan memperoleh uang palsu," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII Padang Mahdi Mahmudy di Padang, Jumat.

Karena itu, kata dia, gunakan jasa penukaran uang resmi karena selain aman dan terjamin juga tidak dipungut biaya.

"Apalagi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII Padang membuka sejumlah layanan penukaran uang untuk umum guna memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dan menyambut Idul Fitri, pada 15 Juli-2 Agustus," kata dia.

Ia mengatakan, layanan dibuka setiap hari kerja mulai Senin-Kamis pukul 08.30-12.00 WIB di Gedung C Kantor BI Padang.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang penukarannya dilakukan di kawasan GOR Agus Salim Padang, pada tahun ini demi pertimbangan keamanan dipindahkan ke Kantor BI.

Selain itu, pada tahun ini BI juga menyediakan layanan penukaran "drive thru" khusus pengendara roda empat pada 15 Juli-1 Agustus setiap hari kerja mulai Senin-Kamis pukul 13.00-15.00 di Gedung C Kantor BI Padang.

Tidak hanya itu, BI juga membuka layanan penukaran uang khusus instansi dan perusahaan setiap hari di loket BI pada pukul 08.30-12.00 WIB.

"Dalam hal ini, penukaran dilakukan dengan mengirim surat permintaan penukaran uang berisi rincian kebutuhan uang," kata dia.

BI juga menggandeng Perbarindo untuk membantu permintaan penukaran uang oleh bank perkreditan rakyat setiap Selasa dan Kamis di loket setoran BI Padang pukul 08.30-12.00 WIB.

Ia menambahkan, BI juga menyiapkan layanan mobil kas keliling di sejumlah pasar yang ada di Padang serta kebutuhan di luar kota bagi masyarakat yang hendak menukarkan uang.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah VIII Padang menyiapkan uang tunai sebanyak Rp1,52 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Sumatera Barat selama Ramadhan dan menyambut Idul Fitri.

"Jumlah tersebut meningkat sebesar 20 persen dibanding tahun lalu karena diperkirakan kebutuhan terhadap uang tunai akan mengalami peningkatan," kata dia.

Ia mengingatkan, masyarakat agar lebih waspada, cermat dan teliti dalam menerima uang guna mengantisipasi beredarnya uang palsu.

Dalam memperlakukan uang, masyarakat juga diminta menggunakan konsep 3D yaitu dilihat, diraba dan diterawang serta menyimpan dengan baik dan tidak melipat.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013