Cirebon (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, menyiapkan sejumlah armada bus gratis sebagai bentuk layanan oper stapend bagi puluhan penumpang yang perjalanannya terdampak akibat longsoran di KM 340+100 Stasiun Karanggandul-Karangsari wilayah Daop 5 Purwokerto.
 
“Jadi untuk penumpang tujuan Purwokerto di Daop 3 Cirebon, dilanjutkan menggunakan bus. Ada beberapa bus yang sudah disiapkan dan berangkat dari Cirebon. Untuk penumpang jumlahnya 80 yang menggunakan bus,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul di Cirebon, Senin.
 
Penyediaan layanan itu, kata dia, bertujuan untuk memangkas waktu keterlambatan kereta api (KA) menuju daerah tujuan yang ada di Daop 3 Cirebon.
 
Berdasarkan data terbaru, ia menyebutkan terdapat lima KA yakni KA Ranggajati, KA Fajar Utama Yogya, KA Argo Semeru, KA Argo Dwipangga dan KA Taksaka yang harus melakukan pola memutar ke Semarang-Gundih-Solo karena perjalanannya terganggu akibat terdampak longsoran tersebut.
 
“Untuk keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api, KAI Daop 3 Cirebon melakukan sejumlah langkah berupa perubahan pola operasi perjalanan. Beberapa perjalanan kereta yang melintasi wilayah Daop 3 Cirebon dialihkan memutar,” ujarnya.
 
Rokhmad memastikan saat ini petugas dari KAI terus melakukan normalisasi jalur tersebut, sehingga perjalanan KA bisa berjalan normal kembali.
 
Menurutnya, kejadian longsor itu diduga disebabkan karena curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan jalur KA baik hulu-hilir di wilayah tersebut untuk sementara tidak dapat dilintasi.
 
“PT KAI Daop 3 Cirebon mengucapkan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api yang terdampak cuaca buruk dan menyebabkan jalur KA yang ada di wilayah Daop 5 Purwokerto sementara tidak dapat dilalui,” ujarnya.
 
Ia menambahkan masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media social @KAI121.
 
“KAI tetap berkomitmen untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api,” ucapnya

Baca juga: KAI alihkan perjalanan sejumlah KA lintas selatan akibat longsor
Baca juga: Perjalanan dua KA di Daop Semarang terganggu akibat longsor Banyumas
Baca juga: KAI tambah perjalanan kereta untuk libur Natal 2023 - Tahun Baru 2024

 

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023