Sebagai latihan kita juga untuk ke kompetisi yang lebih besar
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memberikan penghargaan kepada Tim Indonesia Garuda Mine Rescue yang diwakili oleh Tim Tanggap Darurat PT Putra Perkasa Abadi (PPA) yang sukses meraih sejumlah juara dalam Kompetisi Tanggap Darurat Tambang (MERC) ke-13 di Langley Park, Perth, Australia.

Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara (Dirtekling Minerba) Kementerian ESDM, Sunindyo Suryo Herdadi memberikan langsung penghargaan tersebut.

Sunindyo dalam keterangan di Jakarta, Rabu, menyatakan rasa bangga atas pencapaian Tim Indonesia Garuda Mine Rescue. Ia juga menegaskan dukungan KESDM pada keikutsertaan tim dalam ajang kompetisi internasional lainnya.

"Sebagai latihan kita juga untuk ke kompetisi yang lebih besar. Paling tidak teman-teman sudah memiliki pengalaman secara mental bertanding di kelas internasional. Tidak ada hal lain dari kami di kementerian selain ikut bangga dengan prestasi rekan-rekan sekalian," ujar Sunindyo.

Selain tim yang bertanding, penghargaan juga di berikan kepada tim pelatih, tim manager, dan perusahaan/organisasi yang telah mendukung tim Indonesia Garuda Mine Rescue dalam ajang MERC 2023.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat, yang telah mengirimkan tim ERT untuk bertanding di MERC membawa nama Tim Indonesia Garuda Mine Rescue dan mengharumkan nama bangsa dengan prestasi yang diraih,” kata Sunindyo.

MERC merupakan ajang kompetisi yang telah berlangsung selama 13 tahun di Australia, diikuti oleh Emergency Response Team (ERT) dari berbagai perusahaan tambang, termasuk perusahaan tambang terbesar di dunia seperti BHP, Rio Tinto, Newmont, dan Regis Resources.

Tim Indonesia Garuda Mine Rescue berhasil meraih berbagai penghargaan di ajang MERC yang berlangsung pada 24-26 November 2023. Di antaranya Piala Juara 1 Vertical Rescue, Juara 2 Hazmat Rescue, Juara 3 Fire Fighting & Breathing Apparatus Skill, dan Piala Team Spirit Award. Keberhasilan ini mencerminkan dedikasi, keterampilan, dan semangat juang yang tinggi dari setiap anggota tim.

Baca juga: KJRI Perth apresiasi Tim Indonesia Garuda Mine Rescue di MERC 2023
Baca juga: Indonesia Garuda Mine Rescue raih 4 trofi di MERC 2023 Australia

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023