Tolong masyarakat yang mencurigai uang palsu untuk lapor sama kita kepada petugas-petugas kita yang sudah disiapkan,"
Garut (ANTARA News) - Kepala Polisi Daerah (Polda) Jawa Barat, Irjen Pol. Suhardi Alius, menyatakan sudah menyiapkan Tim Satuan Tugas untuk mencegah peredaran uang palsu menjelang Hari Raya Lebaran.

"Kita antisipasi dan kita sudah siapkan Tim Satuan Tugas yang berkaitan dengan semacam tindak-tindakan seperti itu (peredaran uang palsu)," kata Suhardi dalam kunjungannya ke markas Polres Garut, Kamis.

Ia menuturkan, sejumlah anggota kepolisian disiapkan untuk mengantisipasi beredarnya uang palsu di tempat-tempat keramaian seperti mall dan pusat perbelanjaan lainnya.

Ia berharap, ada peran aktif masyarakat untuk segera melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat jika menemukan uang yang dicurigai palsu.

"Tolong masyarakat yang mencurigai uang palsu untuk lapor sama kita kepada petugas-petugas kita yang sudah disiapkan," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan beredarnya uang palsu saat melakukan transaksi pada situasi yang ramai.

Sebaiknya, kata Suhardi, uang yang diterima terlebih dahulu diperiksa keaslian uang dengan alat khusus ultraviolet.

"Penggunaan uang palsu ini di tempat yang ramai yang masif, oleh sebab itu yang berkaitan dengan transaksi harus ada kehati-hatian," katanya.

Selain itu, Kapolda Jabar mengimbau masyarakat akan munculnya tindakan kejahatan seperti pencurian dan aksi pecah kaca mobil menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Lebaran.

Antisipasi tindakan kriminalitas itu, kata dia, Polda Jabar sudah menyiagakan anggota-anggota disetiap tempat untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

"Banyak kejadian menjelang Ramadhan itu, banyak kriminalitas yang berkaitan dengan pencurian mungkin pecah kaca," katanya.

(KR-FPM/Y003)

Pewarta: Feri Purnaman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013