Medan (ANTARA) - Lebih dari 9.000 personel gabungan dari Polri, TNI dan "stakeholder" lainnya telah disiapkan untuk Operasi Lilin Toba dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 di Sumatera Utara (Sumut).

"Selain itu, ada 102 pos pengamanan, 12 pos terpadu dan 79 pos pelayanan yang tersebar di Sumut," ujar Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Minggu.

Ia melanjutkan, Polda Sumut memastikan jalur Sumatera dari timur dan barat akan dikelola secara baik dengan penempatan personel dan pos pengamanan maupun pos pelayanan.

"Mengingat panjangnya jalur Sumatera yang melintas di wilayah Sumut dari Aceh ke Riau maupun Aceh ke Padang, Sumatera Barat," tutur Hadi.

Disamping itu, Polda Sumut juga memetakan dan mengidentifikasi jalur tempat wisata yang berpotensi keramaian sehingga pengunjung nyaman dan aman.

"Polda Sumut memastikan perayaan Natal berjalan dengan khidmat, gembira dan aman, demikian juga liburan masyarakat lancar dan bersukacita menyambut Tahun Baru 2024," kata Hadi.

Operasi Lilin Toba akan digelar secara efektif dan efisien karena bersamaan juga digelar Operasi Mantap Brata untuk Pemilu 2024.

"Polda Sumut siap mengamankan dan target operasi tidak ada ada gangguan serta Tahun Baru 2024 berjalan aman dan lancar," sebut Hadi.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat agar berperan aktif menjaga lingkungan dari tindakan kejahatan, narkoba dan lainnya agar tercipta lingkungan yang aman dan nyaman.
Baca juga: Brimob Sumut perketat pengamanan obyek vital jelang Natal-Tahun Baru
Baca juga: Panglima TNI: Bangga generasi muda Indonesia perhatiannya pada Natal

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023