Ada peningkatan konsumsi listrik dan beban puncak sekitar 9,4 persen pada siang hari dan delapan persen pada malam hari, namun secara umum pasolan listrik aman,"
Bandung (ANTARA News) - PT PLN Distribusi Jabar Banten menjamin pasokan listrik pada bulan Ramadhan dan Lebaran 2013 aman.

"Ada peningkatan konsumsi listrik dan beban puncak sekitar 9,4 persen pada siang hari dan delapan persen pada malam hari, namun secara umum pasolan listrik aman," kata Staf Deputy Komunikasi PLN DJBB Agus Yuswanta di Bandung, Sabtu.

Menurut Agus, peningkatan beban puncak itu terjadi di seluruh sektor pelanggan baik industri, bisnis maupun pelanggan rumah tangga.

"Industri menggenjot produksi untuk mengejar terget sehingga memaksimalkan mesin yang ada, demikian juga sektor bisnis terutama perdagangan juga ada peningkatan konsumsi listrik," katanya.

Menurut Agus, peningkatan beban puncak listrik pada tahun ini lebih tinggi dibandingkan 2012. Hal itu dikarenakan jumlah pelanggan listrik meningkat di semua sektor.

"Pertumbuhan sambungan baru hingga Juli 2013 ini mencapai 400 ribu sambungan baru, sehingga total pelanggan PLN di jabar Banten saat ini mencapai 10,8 juta pelanggan," kata pria berkacamata minus itu.

Sementara itu beban puncak konsumsi listrik pada siang hari pada Juni 2013 mencapai 5.696 MW sedangkan pada malam hari mencapai 6.658 MW. Angka beban puncak itu meningkat dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yakni beban puncak siang 5.200 MW dan 6.166 MW pada malam hari.
(S033/Y003)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013