Jakarta (ANTARA) - Istri dari capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, mengatakan dirinya akan memberikan dukungan penuh serta mempersiapkan psikologis Ganjar jelang debat Pilpres 2024.

"Saya lebih ke mempersiapkan dari sisi psikologisnya," kata Atikoh dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan dirinya akan ikut mendampingi sang suami menjalani debat Pilpres 2024. Menurutnya hal itu adalah bagian dari dukungan terhadap sang suami.

"Insyaallah, itu bagian dari men-support Mas Ganjar," tutur Atikoh.

Atikoh juga menyampaikan bahwa Ganjar dan Mahfud Md sudah siap mengikuti tahapan debat yang telah dicanangkan KPU.

"Insyaallah kalau mas Ganjar sama Pak Mahfud sudah siap, insyaallah," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024. Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023.

Sementara itu, debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada tanggal 7 dan 21 Januari 2024. Debat terakhir dijadwalkan pada tanggal 4 Februari 2024.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres/cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

KPU RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Pakar: Ketiga capres wajib elaborasi program antikorupsi dalam debat
Baca juga: Siti Atikoh sambangi Pasar Rau tampung aspirasi pedagang
Baca juga: Ganjar kampanye di Jakarta dan Mahfud ikut sidang kabinet paripurna

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023