Jakarta (ANTARA News) - Situs pencarian Google ternyata bisa menjadi solusi untuk membantu merencanakan perjalanan mudik atau liburan.

Salah satu fiturnya yaitu Google Maps. Peta situs pencari itu menyediakan beberapa fitur yang membantu pemudik tentang rute utama, rute alternatif, fasilitas pendukung seperti hotel, restoran atau SPBU hingga tempat favorit.

Berikut tips perencanaan mudik dari Google Maps, seperti dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Pertama, cari jalan yang paling nyaman untuk menuju tempat tujuan. Rencanakan dan biasakan diri dengan rute yang akan dilalui terlebih dahulu.

Perencanaan dapat dimulai dengan mencari jalan menuju tempat tujuan, kemudian carilah rute alternatif yang dapat anda gunakan jika jalanan macet atau ada kecelakaan di jalan.

Hal ini dapat menghemat waktu anda di perjalanan. Untuk mengurangi resiko kendaraan mogok, pemudik juga dapat melihat jarak yang akan anda tempuh untuk estimasi berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan kendaraan anda.

Kedua, cari informasi mengenai segala kebutuhan perjalanan. Ada baiknya jika mencari informasi tentang tempat peristirahatan yang dapat dikunjungi ketika mengantuk saat berkendara, penginapan terdekat jika anda ingin beristirahat, restoran atau SPBU di sepanjang perjalanan.

Ketiga, pemudik bisa mencatat semua penemuan tempat yang sempat disinggahi. Pengguna dapat menyimpan tempat menarik mulai dari lokasi wisata hingga restoran di fitur My Places (Tempatku) di Google Maps.

Tak hanya untuk disimpan, informasi yang ada di dalamnya juga bisa dibagikan kepada keluarga dan teman.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013