Tokyo (ANTARA News) - Manajer Manchester United David Moyes mengakui bahwa dia tengah memajukan upayanya mendapatkan Cesc Fabregas setelah mengajukan tawaran keduanya untuk mendapatkan pemain tengah Barcelona tersebut.

Senin lalu United membenarkan telah melakukan pendekatan awal untuk mendapatkan mantan bintang Arsenal itu, namun tawaran mereka senilai 25 juta poundsterling (Rp376 miliar) ditolak juara liga Spanyol tersebut.

Moyes telah bertekad untuk melakukan apa saja yang dia bisa untuk mengembalikan Fabregas ke Liga Premier setelah sang pemain juga berusaha mendapatkan kontrak besar yang menandai kedatangannya di Old Trafford.

Pada satu jumpa pers di Jepang, mantan bos Everton itu mengungkapkan tawaran kedua senilai 30 juta poundsterling (Rp455 miliar) telah disiapkan untuk mendatangkan Fabregas.

Wakil Ketua Eksekutif United Ed Woodward telah kembali ke Inggris dari jadwal semula untuk memimpin negosiasi guna mendapatkan Fabregas tersebut.

Moyes berkata, "Sejauh yang saya pahami, Ed punya jawaban (untuk tawaran pertama). Kami telah mengajukan tawaran kedua namun Ed yang lebih berwenang mengurusi ini ketimbang saya."

Moyes belum mendatangkan pemain besar, dengan satu-satunya pemain terbaru yang baru didatangkan adalah bintang Uruguay U-20 Guillermo Varela.

Namun Barca kabarnya tak akan mengambil keputusan apa-apa mengenai Fabregas sampai mereka mendapatkan pengganti Tito Vilanova yang diserang kanker. Moyes mengatakan ini adalah soal waktu saja baginya untuk beralih ke target pemain lainnya.

"Saya kira intinya telah ditangkap," kata Moyes. "Namun saat Anda meminati para pemain bagus maka Anda ingin memanfaatkan semua kesempatan yang ada.  Saya akan berharap segala sesuatunya akan berlanjut ke kemajuan.

"Untuk sementara waktu saya hanya dapat mengatakan pada Anda bahwa Ed Woodward tengah bekerja keras untuk mencoba dan merealisasikan kesepakatan itu."

Moyes juga dikait-kaitkan dengan mendatangkan lagi penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo dan gelandang Tottenham Gareth Bale, ditambah Leighton Baines dan Marouane Fellaini dari klub lamanya Everton.

Sejauh ini dia tampak frustasi dengan pernyataan bos baru Madrid Carlo Ancelotti yang hari Minggu kemarin menegaskan dia tak menginginkan Ronaldo kembali ke United.

Moyes yang tengah berjuang membujuk Wayne Rooney guna mengurungkan niatnya pindah ke Chelsea, mengakui dia bisa memahami mengapa sejumlah penggemar menggelisahkan penampilan para pemain baru di tengah persiapan klub ini memasuki musim liga pertama era pasca Ferguson.

"Saya bisa memahami perasaan itu," kata dia. "Namun terlalu sedikit perubahan. Manajer-manajer lain telah banyak mengubah klub mereka dan semua orang berpikir ini mungkin musim panas ketika transfer dituntaskan di bulan ini.

"Itu adalah hal yang selalu saya pikirkan ketika saya masuk ke klub ini. Anda mesti ingat saya baru mulai pada 1 Juli, jadi sejujurnya saya baru berada di posisi ini selama tiga pekan untuk saat ini."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013