Jakarta (ANTARA) - Pakar Gestur dan Mikro Ekspresi jebolan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Monica Kumalasari mengungkapkan arti di balik senyuman yang sering diberikan oleh Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo, saat debat perdana capres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Dari pengalaman sebelumnya di mana Ganjar seringkali menunjukkan dominansi perasaannya yg terlihat melalui mikro ekspresi, saat ini sudah memiliki antitesis dengan seringkali menampilkan social smile (senyum sosial),“ Kata dia saat dihubungi ANTARA, Rabu.

Monica menjelaskan, bahwa ekspresi senyuman tersebut ditunjukkan untuk menutupi perasaan yang sesungguhnya ia rasakan.

Baca juga: Pakar Mikroekspresi sebut Anies banyak singgung rasa saat debat capres

Baca juga: Prabowo tak terbebani saat debat capres? Ini kata Pakar Gestur


Ekspresi tersebut, menurutnya, dapat dirasakan sebagai pesan non verbal bahwa ia ingin menunjukkan ketenangannya. Senyum itu juga dapat diartikan bahwa Ganjar ingin menampakkan bahwa ia tidak terpengaruh dengan respon lawan mainnya saat itu, yakni Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

“Ekspresi ini menutupi perasaan yang sesungguhnya, dan bisa dirasakan sebagai pesan non verbal ‘saya tidak menyerang anda atau saya tidak terpengaruh dengan respon anda’” ujar Monica.

Lebih lanjut, Monica mengatakan ada dua dasar yang diamati, yakni feeling (rasa, persepsi) dan thinking (gagasan), bagaimana korelasi antara pernyataan verbal dan non verbalnya (Yang terlihat dalam mimik wajah, bahasa tubuh, dan suara).

Ia menilai, logika dan pemikiran Ganjar didukung dengan keselarasan antara kanal fisiologis (ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan suara) dengan verbalnya.

“Ganjar didukung dengan data dan kaya pengalaman sehingga tidak terjadi kebocoran-kebocoran sinyal emosi untuk berpikir keras dalam merespon,” imbuh Monica.

KPU menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa (12/12), dengan tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Baca juga: Tampilan capres debat pertama, dari yang serius hingga "eye catching"

Baca juga: Peneliti TII nilai debat pertama capres seperti "ring tinju"

Baca juga: Setelah debat capres, Mahfud MD berkampanye di Banten


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023