Adapun 25 kilometer itu merupakan fase pertama, yang nantinya akan dibangun 54 kilometer lainnya akan dibangun di Jakarta Selatan
Jakarta (ANTARA) - PT Jakarta Infrastruktur Propertindo (JIP) menjamin penataan sarana jaringan utilitas terpadu (SJUT) sepanjang 25 kilometer pada jalan-jalan di Jakarta Selatan rampung pada Maret 2024.

"Diperkirakan selesai pemindahannya pada Maret 2024," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT JIP Ivan Cahya Permana saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Ivan berharap selaku anak usaha PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mampu memindahkan kabel semrawut di 10 ruas jalan Jakarta Selatan pada 2024.

Sebanyak 10 ruas jalan tersebut yakni Jalan Mampang, Jalam Kapten Tendean, Jalan Wolter Monginsidi, Jalan Senopati, Jalan Suryo, Jalan Cikajang, Jalan Gunawarman, Jalan Pattimura, Jalan Trunojoyo, dan Jalan Hasanuddin.

Adapun 25 kilometer itu merupakan fase pertama, yang nantinya akan dibangun 54 kilometer lainnya akan dibangun di Jakarta Selatan.

Dia menyatakan pihaknya bersama Dinas Bina Marga DKI secara bertahap memindahkan kabel ke bawah tanah untuk memastikan keamanan pengguna jalan maupun estetika kota.

"Pemindahan kabel dari udara ke dalam atau SJUT sudah berjalan sekitar 40 persen," tambahnya.

SJUT adalah program menempatkan jaringan utilitas seperti kabel fiber optik, PLN dan sejenisnya secara terpadu yang terletak di bawah permukaan tanah sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 69 Tahun 2020.

Selama ini pengerjaan SJUT  dikerjakan dua BUMD DKI  yakni Jakarta Propertindo (Jakpro) melaksanakan SJUT sekitar 115 kilometer di 32 ruas jalan dan Sarana Jaya di 36 ruas jalan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) memotong kabel udara di Jalan Wijaya I, Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru untuk keamanan pejalan kaki.

"Kegiatan ini merupakan langkah untuk menambah estetika dan membuat Jakarta Selatan lebih tertata, aman dan nyaman," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin kepada wartawan di Jakarta, Rabu.
Baca juga: Pemkot Jaksel potong 45 kabel fiber optik untuk penataan kota
Baca juga: Pemindahan kabel ke bawah tanah di Mampang sudah 90 persen
Baca juga: Legislator minta DKI selaraskan penataan SJUT dan revitalisasi trotoar

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023